Sukses

Cegah Serangan Jantung dan Stroke dengan Konsumsi Barley

Apa makanan yang dapat mencegah serangan jantung dan stroke selain oat? Barley, jawabannya

Liputan6.com, Jakarta Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Supaya terhindar dari dua kondisi ini, cobalah rutin konsumsi barley.

Sama halnya dengan oat atau gandum, barley memiliki efek dapat menurunkan kadar kolesterol. Agar tidak bosan karena terlalu sering menyantap oat, kita dapat menyelingkan dengan mengonsumsi barley.

Ilmuwan dari St Michael di Inggris, Dr Vladimir Vuksan, mengatakan barley menjadi makanan sehat paling direkomendasikan Kementerian Kesehatan di Kanada. Food and Drug Association (FDA) setuju bahwa barley dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga diharapkan dapat membantu menurunkan angka kematian akibat serangan jantung dan stroke.

"Barley dapat dijadikan makanan pengganti oat yang dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular," kata Vladimir dikutip dari Daily Mail, Kamis (9/6/2016)

Barley yang tinggi serat, kandungan proteinnya pun dua kali lipat, dan kalorinya lebih sedikit dibanding gandum. Makanan ini dapat juga dipilih oleh mereka yang sedang jalani program penurunan berat badan.

Vladimir mengatakan, barley dapat dinikmati dalam berbagai cara. Bisa diseduh dengan air panas atau disiram susu dan ditaburin buah pisang, atau dapat dijadikan sebagai pengganti nasi sehingga dapat disantap dengan sayuran dan protein lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Serangan jantung sering kali disebut juga dengan istilah miokardial infark. Serangan jantung terjadi ketika jantung kehilangan oksigen

    Serangan Jantung

  • Stroke adalah kematian jaringan otak (infark serebral) yang terjadi karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak.

    Stroke

  • Oatmeal Instan

Video Terkini