Sukses

Ingin Punya Anak? Jawab Dulu 6 Pertanyaan Ini

Ada banyak hal yang perlu dipikirkan masak-masak sebelum kehamilan.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki anak bukan hal sederhana. Ada banyak hal yang perlu dipikirkan masak-masak sebelum kehamilan. Pertama kehadiran anak memiliki pengaruh amat besar dalam sebuah hubungan. Kedua, sudah siapkah mempersiapkan masa depan anak. 

Membicarakan hal tersebut antara suami dan istri itu amat penting sebelum memiliki anak. Paling tidak pertanyakan enam pertanyaan berikut ini. Selengkapnya melansir laman Glamour, Kamis (9/6/2016). 

1. Apakah waktunya tepat?
Ahli fertilitas Jane Frederick mengatakan pasiennya sering kali tidak memikirkan kehamilan pertamanya secara baik-baik.

2. Apakah Anda berdua sudah benar-benar menginginkannya?
Kesepakatan memiliki anak itu penting dimiliki suami dan istri. Namun dalam beberapa hubungan, terkadang ada salah satu pihak yang ragu memiliki anak seperti diungkap terapis hubungan Maria Bruce.

3. Siapa yang membantu?
Ini adalah masalah penting ketika Anda dan pasangan bekerja. "Menjadi orangtua artinya kurang tidur, sangat lelah, dan butuh istirahat sehingga Anda membutuhkan bantuan orang lain," tutur Jessica Wade.

4. Siapkan berbagi tanggung jawab?
Anak adalah tanggung jawab suami dan istri. Sehingga perlu pembagian tugas penuh komitmen merawatnya. Mulai dari menyiapkan makanan, bangun di malam hari, meninabobokan anak. Lalu juga membiayai popok, makanan, pakaian, dan mainannya.

5. Siapkah dengan pembiayaan yang dibutuhkan anak?
Memiliki anak biaya yang diperlukan bertambah. Mulai dari makanan, pakaian, tabungan masa depan. Pertimbangkan biayanya baik-baik.

6. Seperti apa batasan orangtua Anda dalam kehidupan anak-anak?
Nenek dan kakek mana yang tidak suka dengan kehadiran cucu dalam kehidupan mereka. Orangtua Anda pun akan amat semangat dalam memberi tahu ini dan itu dalam kehidupan mereka. Sehingga Anda perlu membicarakan peran orangtua dalam kehidupan anak-anak seperti diungkapkan psikoterapis Tina Gilbertson.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.