Sukses

Manfaatkan Pos Kesehatan Selama Arus Mudik Lebaran

Kondisi tubuh pengemudi berperan penting dalam hal keselamatan penumpang selama mudik Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta Kondisi tubuh pengemudi berperan penting dalam hal keselamatan penumpang selama mudik Lebaran. Agar tak terjadi kecelakaan di jalan, Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan kabupaten/kota/provinsi dan swasta akan membuka pos kesehatan dan memberikan layanan gratis di jalur mudik.

"Berapa jumlahnya masih belum keluar. Yang jelas fasilitas kesehatan ini akan ditempatkan sepanjang Sumatera sampai Bali, sebagian Kalimantan Selatan dan Sulawesi. Di Jawa ada, jalur pantai utara dan selatan juga ada," kata Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dr Bambang Wibowo, SpOG(K), MARS.

Penjelasan ini Bambang sampaikan pada pembukaan "Pertemuan Sosialisasi Kesehatan untuk Mencegah Faktor Risiko Kecelakaan Saat Mudik Lebaran 2016" di Gedung Kementerian Kesehatan RI, HR. Rasuna Said, Jakarta, Rabu (8/6/2016)

Bambang menjelaskan, fasilitas kesehatan itu akan dilengkapi dengan tenaga medis yang siap membantu memeriksa tekanan darah dan memberi pelayanan kesehatan dasar. Juga pemeriksaan kadar alkohol, yang bisa menyulitkan pengemudi untuk fokus menyetir saat mudik Lebaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.