Sukses

Harus Ada Jeda Antara Makan dan Olahraga

Setelah makan langsung melanjutkan olahraga dapat sebabkan kram dan keluhan lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang berhenti sejenak untuk menyantap makanan di sela waktu olahraga. Namun setelah itu, tubuh seketika merasa sakit atau kram di bagian-bagian tertentu. Apa yang menyebabkan hal itu terjadi?

Dokter spesialis kedokteran olahraga dari Universitas Indonesia, Sophia Hage mengatakan, saat tubuh menerima makanan di sela waktu olahraga, darah akan berada di sirkulasi pencernaan atau di saluran digestive. 

"Karena saat kita olahraga biasanya seluruh pembuluh darah akan berjuang untuk mengantarkan darah ke otot. Jadi biasanya 70 hingga 80 darah kita ada di otot," jelasnya kepada Health-Liputan6.com, ditulis Selasa (7/06/2016).

Menurut Sophia makan di sela-sela olahraga akan mengganggu konsentrasi absorpsi makanan. Itu sebabnya, seseorang bisa mengalami sering kram atau gampang merasa lemas dan kesakitan karena darah di ototnya itu sedikit.

"Tubuh membutuhkan waktu untuk menjaga sirkulasi darah kembali normal. Untuk itu, baiknya setelah makan kita memberi jeda waktu selama satu jam sebelum olahraga kembali," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini