Sukses

4 Ramuan Jitu Atasi Rambut Berminyak

Memiliki rambut berminyak akan mudah lepek dan memperburuk penampilan Anda. Ingin trik menyingkirkannya? Simak cara berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki rambut berminyak dapat merusak penampilan sehari-hari. Bukan hanya tidak nyaman, rambut jenis ini cenderung mudah lepek dan beraroma tak sedap.

Penggunaan produk sampo dan kondisioner belum tentu bisa mengatasinya. Namun seperti dilansir laman My Health Tips, ditulis Selasa (7/06/2016) selalu ada cara untuk mengatasi masalah rambut dengan bahan-bahan alami berikut ini:

1. Lidah budaya

Mencampur lidah buaya bersama sampo dapat menjadi ramuan untuk atasi rambut berminyak.

Caranya:

  • Tuangkan sampo ke dalam gelas atau cangkir secukupnya lalu tambahkan satu sendok makan jus lemon serta satu sendok teh lidah buaya.
  •  Aduk perlahan dan oleskan ke seluruh bagian rambut. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas dengan bersih. Gunakan setiap hari untuk hasil yang cepat dan maksimal.
  • Anda dapat membuat ramuan ini dalam jumlah banyak dan simpan di lemari es. Penyimpanan ramuan ini hanya akan bertahan selama satu minggu.

2. Sabun mandi

Sabun mandi dipercaya dapat menyingkirkan minyak berlebih pada rambut dengan meletakannya pada kulit kepala.

Caranya:

  •  Tuangkan sabun mandi secukupnya pada permukaan tangan, kemudian oleskan pada kepala dan fokuskan memijatnya di bagian kulit kepala.
  • Diamkan selama dua menit lalu cuci rambut seperti biasa.

3. Teh

Asam tanat dalam teh memiliki kekuatan untuk mengusir rambut berminyak dan membuat rambut menjadi lebih kering dari sebelumnya.

  • Rebus daun teh lalu tuangkan ke dalam gelas dan diamkan hingga mendingin (setidaknya dalam keadaan suam-suam kuku)
  • Oleskan teh ke seluruh permukaan kulit kepala hingga ujung rambut. Diamkan selama lima menit.
  • Bilas dengan air dan keramaskan rambut seperti biasa lalu keringkan.

4. Alkohol

Kandungan di dalam hair tonic biasanya mengandung alkohol yang berfungsi untuk merawat rambut lebih sehat dan menghindari minyak berlebih. Alkohol 70 atau 80 persen pun dapat Anda gunakan secara langsung untuk mengusir minyak pada rambut.

  • Tambahkan satu gelas alkohol ke dalam wadah yang sudah diisi dua gelas air bersih
  • Bilas rambut dengan campuran air dan alkohol lalu tinggalkan beberapa saat hingga rambut mengering.

Anda dapat menggunakan ramuan alkohol ini dengan cara disemprotkan kepada seluruh kepala.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini