Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Perlu Berapa Lama Vagina Kembali Normal Usai Melahirkan?

Miss V butuh waktu sekitar enam minggu untuk bisa pulih kembali.

Liputan6.com, Jakarta Usai melahirkan normal, jelas terjadi perubahan pada vagina karena digunakan sebagai jalan keluar sang buah hati. Selain muncul aneka pertanyaan tentang mengasuh buah hati, muncul juga pertanyaan dalam benak hati sebagian besar ibu: kapan vagina kembali normal?

"Usai wanita memiliki anak, butuh waktu sekitar enam minggu vagina bisa pulih setelah persalinan," tutur dokter spesialis kandungan Pari Ghodsi.

Lalu, jika terjadi robekan yang kemudian dijahit butuh waktu sedikit lebih lama--sekitar 1,5 hingga dua bulan--untuk kembali sembuh, melansir laman Glamour, Selasa (7/6/2016).

Pada masa-masa ini juga tubuh melakukan pembersihan dari organ-organ yang tidak dibutuhkan tubuh dengan mengeluarkan banyak darah dari rahim atau masa nifas.

Perlu dibedakan antara vagina pulih kembali dan terasa normal adalah dua hal yang berbeda. Perubahan mungkin akan terasa pada saat berhubungan seksual. Pada umumnya wanita merasa sakit akibat luka yang masih ada, juga terasa lebih kering dari biasanya. Hal ini amat terasa pada wanita yang menyusui.

Ghodsi menyarankan, bagi wanita yang baru beberapa bulan lalu melahirkan dan akan berhubungan seksual, ada baiknya menggunakan cairan pelumas. Lalu, posisi yang disarankan usai wanita melahirkan adalah woman on top. Sehingga istri bisa mengontrol dalamnya penetrasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.