Sukses

5 Kiat Berpuasa Tanpa Lemas

Berpuasa tidak hanya dilakukan oleh kaum muslimin tergantung dari bagaimana dan apa tujuan mereka berpuasa

Liputan6.com, Jakarta Berpuasa tidak hanya dilakukan oleh Umat Muslim tergantung dari bagaimana dan apa tujuan mereka berpuasa. Baik itu untuk menguruskan badan, mencegah penuaan, dan berbagai alasan lainnya yang tentu bermanfaat bagi kesehatan.

Namun kadang, beberapa orang khawatir puasa akan membuat lemas karena tidak makan dan minum seharian. Jika Anda berpikiran ingin berpuasa karena suatu alasan maka sebaiknya lakukan 5 tips di bawah ini agar puasa tetap kuat, seperti dilansir dari Everydayhealth, Selasa (7/6/2016):

1. Konsultasikan ke dokter sebelum berpuasa

Khususnya diajukan bagi ibu hamil atau pun yang memiliki masalah kesehatan seperti penderita diabetes yang cenderung mengalami hipoglikemia, hiperglikemia, diabetic ketoacidosis, dan dehidrasi saat berpuasa. Juga diajukan kepada orang yang sedang dalam proses pengobatan. Sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu kondisi kesehatan pada paramedis agar puasa tidak membahayakan kesehatan.

2. Cobalah taktik berpuasa yang berbeda

Anda dapat menghindari makanan yang menurut Anda sulit dikendalikan. Misalnya camilan, kopi, dan soda. Cara lainnya dapat Anda lakukan dengan membatasi konsumsi daging per hari atau cobalah untuk tidak mengemil di siang hari. Awali berpuasa dengan memasang goal yaitu mengonsumsi satu atau dua mangkuk sayuran setiap saat makan dan dua hingga tiga porsi buah setiap harinya.

3. Biasakan latihan sehari-hari

Dengan perubahan pola makan, Anda harus menyadari kebutuhan apa yang akan mendukung keberhasilan puasa. Anda dapat membiasakan melakukan peregangan ringan seperti bangun dari kursi atau senam ringan.

4. Pertahankan kebutuhan cairan

Biasakanlah minum air yang cukup saat berpuasa. Jumlah cairan yang dibutuhkan tubuh tergantung dari jenis aktivitas yang dilakukan, ukuran tubuh, dan lingkungan. Walaupun saat berpuasa Anda banyak mendapat asupan makanan, namun Anda tetap harus minum air putih.

Ingat, warna urine yang baik adalah seperti warna lemon muda hingga jernih, selebihnya berarti Anda kurang minum.

5. Rencanakan menu makanan saat anda tidak sedang berpuasa

Hindari makanan cepat saji dan gorengan saat berbuka puasa. Sebaiknya konsumsi makanan berkarbohidrat dan tinggi serat untuk mengembalikan kebugaran tubuh. Cobalah mengonsumsi kurma, gandum, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayur-sayuran. (Gina AM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini