Sukses

4 Manfaat Istimewa Berpuasa Ramadan

Bulan Ramadan merupakan waktu berpuasa, pengorbanan, dan pelatihan diri selama sebulan penuh.

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadan merupakan waktu berpuasa, pengorbanan, dan pelatihan diri selama sebulan penuh. Selain itu, berpuasa memberi manfaat spiritual yang bermanfaat bagi kesehatan pikiran dan tubuh.

Bahkan dalam cerita Abu Nuaim, dituliskan bahwa baginda Rasulullah SAW pernah bersabda, "Shomuu wa Tsahhuu" yang artinya, "Berpuasalah maka sehatlah kalian." Kalau pun ada dampak buruknya, hal tersebut disebabkan konsumsi makanan yang berlebihan saat berbuka atau kurang tidur.

Selain itu juga perlu diperhatikan bagi Anda yang sedang dalam proses pengobatan karena khawatir akan memperburuk kondisi kesehatan apabila berpuasa.

Berikut ini manfaat puasa bagi kesehatan yang tak bisa disepelekan, sebagaimana dilansir dari English.alarabiya.net, Selasa (7/6/2016).

1. Memberikan ketenangan hati dan pikiran

Ada makna spiritual bagi kaum muslim yang berpuasa, seperti rajin beribadah dan berdoa sehingga secara tidak langsung melatih pengendalian diri, kemurahan hati, dan mempererat ikatan kekeluargaan. Semua kebiasaan ini akan membangun perasaan damai, ketenangan dan kepuasan diri.

2. Meningkatkan kadar lemak darah

Puasa sangat baik bagi tubuh karena dapat melindungi Anda dari penyakit jantung. Penjelasannya, saat berpuasa orang cenderung mengurangi konsumsi makanan berlemak yang biasanya terkandung dalam mentega, makanan cepat saji, dan daging berlemak. Ditambah lagi, dengan melakukan salat tarawih akan meningkatkan aktivitas tubuh sehingga memperbaiki metabolisme dalam tubuh.

3. Dapat mencegah kecanduan

Kecanduan dapat didefinisikan dalam berbagai hal. Dengan berpuasa, kita bisa belajar untuk menahan diri. Cobalah mengurangi satu kecanduan di bulan Ramadan ini, seperti tidak merokok, berbohong, makan cokelat, atau bahkan bergosip.

4. Meningkatkan pemecahan lemak dan penurunan berat badan

Hal ini berhubungan erat dengan poin kedua. Dengan mengurangi konsumsi makanan berlemak, proses penurunan berat badan akan lebih mudah dicapai. Maka dari itu, Ramadan merupakan saat yang tepat untuk menahan diri dan membiasakan hidup sehat. (Gina AM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini