Sukses

Waspada, Popcorn Berisiko Picu Usus Buntu

Konsumsi popcorn dapat memicu usus buntu atau apendisitis.

Liputan6.com, Jakarta Konsumsi popcorn dapat memicu usus buntu atau apendisitis. Paramedis menduga, biji popcorn yang tidak sengaja tertelan dan masuk ke rongga usus bisa menyebabkan penyumbatan.

Seperti diberitakan Livestrong, Senin (6/6/2016), sepotong kecil biji popcorn dapat memblokir permukaan rongga di sepanjang usus buntu. Hal ini menyebabkan pembengkakan dan pembentukan nanah di usus.

"Usus buntu menyebabkan rasa sakit hebat di bagian sisi kanan perut Anda. Gejalanya termasuk mual, muntah, kehilangan nafsu makan, demam, diare, sembelit dan pembengkakan perut," tulis laman tersebut.

Perlu diketahui, popcorn memang bukan penyebab pasti, namun infeksi atau penyumbatan tinja juga bisa memicu usus buntu.

"Ketika ada makanan yang menyumbat usus, maka kemungkinan bakteri berkembang biak sangat tinggi. Jika tidak diobati, radang usus buntu dapat menyebabkan usus buntu pecah dan menyebarkan bakteri ke seluruh tubuh Anda," ujarnya.

Prosedur penanganan usus buntu biasanya dilakukan dengan cara operasi. Namun jika usus buntu telah pecah, dokter mungkin akan menguras abses yang membentuk di sekitar usus sebelum melakukan operasi usus buntu. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.