Sukses

Benarkah Makan Lewat Pukul 8 Malam Bikin Gemuk?

Tahukah Anda makan malam lewat dari pukul 8 malam bisa bikin gemuk? Inilah penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta Bila mau kurus usahakan makan malam dua sampai empat jam sebelum tidur, begitulah saran yang sering kita dengar. Petuah semacam ini membuat kita jadi penasaran, apa hubungan antara makan malam lewat dari pukul 8 dengan penambahan berat badan?

Patricia Lopez-Legarrea dari Autonomous University of Chile mengatakan, para pakar berpikir, karena manusia telah menggunakan energi di siang hari sehingga mekanisme tubuh melambat di malam hari, terlebih manusia siap-siap untuk tidur.

"Ini berarti kemampuan tubuh kita untuk mengolah makanan jadi berkurang. Ini yang menyebabkan makan besar di malam hari dapat memicu penambahan berat badan," kata Patricia dikutip dari Daily Mail, Kamis (2/6/2016).

Setelah menganalisis data hampir 5.500 warga Chile dengan BMI yang tergolong ideal, Patricia menemukan, individu yang makan malam terlambat mengalami kenaikan berat badan setengah pon. Jika itu terjadi terus-menerus, berat badan secara otomatis naik yang drastis. Dengan demikian, sulit bagi kita untuk mendapatkan tubuh ideal.

"Itu saya sarankan, sarapan dengan porsi yang banyak dan makan siang seadanya, dengan tambahan camilan di sore hari," kata Patricia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini