Sukses

Polusi Udara Bisa Picu Tekanan Darah Tinggi

Siapa sangka polusi udara juga bisa memicu seseorang memiliki tekanan darah tinggi alias hipertensi.

Liputan6.com, New York- Selama ini yang kita ketahui konsumsi tinggi garam, tingginya kadar lemak, diet tak sehat, dan kegemukan jadi faktor risiko yang menyebabkan tekanan darah tinggi. Namun siapa sangka polusi udara juga bisa memicu tekanan darah tinggi alias hipertensi.

Menurut pemimpin penelitian Yuanyuan Cai dari Sun Yat-Sen University, paparan polusi udara yang terlalu tinggi bisa memicu tekanan darah di atas 140 mm Hg. Terlebih pada polusi udara yang mengandung ozon, karbon monoksida, nitrogen oxide and sulfur dioksida seperti tertulis dalam jurnal Hypertension.

Terkejut dengan hasil studi, para peneliti dari Tiongkok ini pun memperpanjang massa studi serta membandingkannya dengan faktor-faktor lain pemicu tekanan darah tinggi, termasuk berat badan dan riwayat jantung. Hasilnya, orang yang terpapar polusi udara tingkat tinggi terkait dengan tekanan darah tinggi, seperti dikutip Time, Rabu (1/6/2016).

Sayangnya, tak dijelaskan lebih lanjut apakah partisipan tersebut memiliki tekanan darah tinggi sebelumnya atau mereka tinggal di kawasan polusi udara tinggi. Masih perlu penelitian lanjutan untuk menemukan dampak buruk jangka pendek dan panjang paparan polusi terhadap tekanan darah.

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan pembesaran jantung maupun gangguan aliran pembuluh darah koroner. Bila tidak ditangani menyebabkan risiko penyakit jantung koroner yang berujung kematian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini