Sukses

Begini Proses Medis Operasi Bibir Sumbing

Liputan6.com, Jakarta Bibir sumbing merupakan sebuah kondisi cacat khusus yang menyebabkan ketidaksempurnaan pada struktur bibir atau langit-langit mulut. Biasanya hal ini terjadi saat anak berada di dalam kandungan ibu.

Saat anak terlahir dengan keadaan bibir yang tidak normal, tentunya memerlukan tindakan medis untuk mengembalikannya. Namun ada syarat dan ketentuan sebelum anak mendapatkan penanganan operasi bibir sumbing.

Dokter Nungki Ratna Martina, Sp. BP seorang spesialis ‎Plastic Reconstructive and Aesthetic Surgeon dari RS Hermina Galaxy, Bekasi menjelaskan bahwa anak usia bayi sudah bisa mendapatkan operasi bibir sumbing atau bila anak sudah berusia 3 tahun dan memiliki rata-rata berat 5 kilogram.

Ada pun ketentuan lainnya yang perlu dipenuhi seperti keadaan fisik anak yang sehat hingga wajib berpuasa.

"Sama seperti prosedur operasi lainnya pasien yang masih bayi pun harus puasa minimal 4 sampai 6 jam. Jadi tidak boleh ASI dan harus benar-benar puas karena berhubungan dengan keamanan pembiusannya supaya perutnya dalam keadaan kosong sehingga saat pembiusan tidak ada aliran balik," jelasnya kepada Health-Liputan6.com, sebelum melakukan proses operasi gratis penderita bibir sumbing di RS Hermina Galaxy, Bekasi. Senin (30/5/2016).

Dokter Nungki pun menjelaskan bahwa kondisi fisik pasien baik tanda vital dan suhu harus ada dalam keadaan normal.

"Tidak ada sakit infeksi sama sekali misalkan batuk pilek. Nanti kita juga periksakan dulu seperti cek laboratorium dan dokter anak - untuk memastikan pasien dalam keadaan baik dan siap untuk melakukan pembiusan," katanya.

Menurut dr Nungki, pasien dengan kelainan bibir sumbing hanyalah kegagalan stuktur bibir atau langit-langit yang bersatu jadi tidak ada penambahan jaringan dalam operasi.

"Tidak ada jaringan yang hilang sama sekali, hanya saja jaringan yang tidak berada di tempatnya. Prinsipnya tidak ada penambalan sama sekali jadi kita hanya menggeser jaringan yang sudah ada dan disatukan lalu dijahit agar jaringan menyatu yang seharusnya berada di tempatnya," jelas dr Nungki.

Proses operasi bibir sumbing biasanya memakan waktu selama 45 hingga 1 jam. dr Nungki pun menjelaskan tergantung dari seberapa besar kesulitan kasus bibir sumbingnya, sebab setiap anak memiliki kasus yang berbeda-beda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini