Sukses

Jenis Makanan yang Pantang bagi Penderita Wasir

Hindari lima makanan berikut jika Anda menderita wasir akut.

Liputan6.com, Jakarta Menderita wasir menimbulkan ketidaknyamanan untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Bukan hanya perlu memperhatikan waktu duduk untuk menghindari nyeri wasir, memilih makanan yang tepat pun menjadi kewajiban para penderita untuk mencegah kambuhnya wasir.

Seperti dilansir laman The Health Site, Selasa (31/5/2016) berikut beberapa makanan yang menjadi pantangan penderita wasir.

1. Makanan pedas

Makanan pedas adalah musuh terbesar orang yang menderita wasir. Rasa pedas akan memicu pencernaan tidak baik dan merangsang wasir untuk muncul di tengah aktivitas Anda.

2. Keju

Mengonsumsi banyak keju akan memperburuk kondisi wasir Anda. Penderita wasir hanya diperbolehkan mengonsumsi keju dua kali seminggu atau menaruh beberapa potongan keju dalam menu salad. Keju akan menghambat sistem pencernaan dan tidak memberikan serat yang baik untuk penderita wasir.

3. Minuman beralkohol

Saat penderita wasir mengonsumsi alkohol akan menyebabkan dehidrasi dan memperburuk pencernaan, mengalami sembelit, dan gejala penumpukan tinja yang sulit di keluarkan.

4. Makanan olahan dan gorengan

Makanan olahan yang tidak cukup serat seperti burger atau gorengan akan menyulitkan Anda untuk melewatkan proses pencernaan yang lancar.

5. Kafein

Segelas kopi yang mungkin nikmat untuk diminum saat pagi hari benar-benar tidak dianjurkan untuk penderita wasir. Kafein akan menyebabkan dehidrasi dan iritasi lambung pada penderita wasir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini