Sukses

Kini Konsultasi Dokter dan Beli Obat Bisa dari Rumah

Tak semua orang bisa dengan mudah dan cepat mendatangi rumah sakit untuk konsultasi atau mendapatkan tindakan medis dari dokter.

Liputan6.com, Jakarta Sakit tak pernah diduga dan disiapkan datangnya. Selain itu, tak semua orang bisa dengan mudah dan cepat mendatangi rumah sakit untuk konsultasi atau mendapatkan tindakan medis dari dokter.

Berangkat dari beberapa kendala untuk mendapatkan tindakan medis seperti rumah sakit yang jauh dari rumah, tidak mampu pergi ke rumah sakit tanpa pendamping, hingga masalah jalanan yang macet, pria ini pun meluncurkan sebuah platform komunikasi sebagai solusi dunia kesehatan Indonesia.

Platform bernama HaloDoc merupakan satu alat penghubung antara pasien dengan dokter, dengan cara bertatap muka langsung pada gawai pasien dan dokter. Jonathan Sudharta, selaku CEO HaloDoc, mengatakan platform ini membantu mempermudah pasien berinteraksi dengan dokter ahli pilihan, melalui voice/video call dengan mengunggah terlebih dahulu aplikasi HaloDoc ini.

Sebelum para dokter berkomunikasi dengan pasien, para dokter sudah melewati syarat dan ketentuan untuk menjadi dokter di HaloDoc.

"Jadi kalau dokter gabung di HaloDoc ini harus bergabung terlebih dahulu dengan mengunduh LinkDokter. Setelah kami verifikasi dia bisa langsung berpraktek online di HaloDoc. Di LinkDokter itu seperti media sosial yang khusus untuk dokter. Dokter yang bergabung pun harus mengisi semua data yang sesuai hingga nomor surat izin praktik dan lain-lainnya. Jadi kami bisa pastikan kalau ia dokter legal," kata Jonathan kepada Health-Liputan6.com, usai acara Konferensi Pers Kembalikan Senyum Anak Indonesia #SmileForLife, di Rumah Sakit Hermina Galaxy, Bekasi, ditulis Selasa (31/05/2016).

Hingga kini dokter yang terdaftar pada HaloDoc yang dapat praktik online sebanyak 1.600 dokter di seluruh Indonesia. Seperti berkonsultasi dengan dokter pada umumnya, pasien pun dikenai biaya selama terhubung dengan dokter via voice/video call. Tarifnya pun beragam dan dokter yang menentukan besarnya jumlah tarif per telepon.

"Kalau kita kan cuma menyediakan platform-nya, jadi kita cuma kasih kesempatan si dokter mau pasang tarif nol rupiah atau 100 rupiah atau 50 ribu rupiah bukan kita yang ngatur. Itu semua dokternya," kata Jonathan.

Selain bisa berkomunikasi dengan dokter, HaloDoc pun menyediakan jasa Apotik Antar sebagai layanan antar obat cepat, aman, dan nyaman. Jonathan pun menegaskan bahwa layanan khusus obat ini sangat aman digunakan bagi pembeli obat juga pihak apotek untuk jual-beli obat yang aman dan legal tentunya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini