Sukses

Cara Baru Turunkan Berat Badan, Telan Balon

Liputan6.com, Jakarta Turun berat badan secara instan selalu menjadi obsesi banyak orang. Walaupun pil ajaib penurun berat badan belum ditemukan, namun para peneliti sepertinya berhasil menemukan titik terang--menggunakan balon.

Mengutip laman Women's Health, Senin (30/5/2016), para peneliti telah menciptakan pil diet yang diberi nama Obalon, suatu pil Rx yang tidak mengandung obat, tapi balon. Balon kecil yang belum ditiup.

Pemegang resep obat ini akan menerima kapsul yang terhubung dengan tabung kecil. Begitu kapsul ini masuk ke dalam perut, dokter akan memompa gas nitrogen campuran untuk meniup balon (setiap balon mampu menampung secangkir gas; Anda bisa menelan sampai tiga buah pil dalam jangka waktu tiga bulan).

Tabung akan dikeluarkan, namun kantung udara di dalam usus Anda akan dibiarkan di dalam. Tabung ini akan mengambil tempat di usus yang akan membuat Anda jadi segan untuk mengonsumsi makanan lain. Inilah yang akan membuat berat badan Anda turun.

Setelah enam bulan, dokter akan mengeluarkan balon udara tadi.

Obalon telah mendapatkan izin di Eropa. Dan dalam percobaan di AS, para peneliti menemukan metode ini bisa membantu pasien obesitas membuang sampai 7 persen berat tubuh mereka dalam jangka waktu enam bulan. Obat ini sekarang sedang menunggu izin keluar dari Food and Drug Administration (BPOM AS).

Ternyata, metode seperti Obalon ini bukanlah cara baru, demikian menurut John Morton, M.D, kepala bedah Bariartik dan Operasi Kecil di Stanford School of Medicine.

Gastrik balon seperti Obalon secara umum hanya direkomendasikan pada pasien dengan indeks massa tubuh (BMI) 30-40, level yang sudah digolongkan dalam obesitas. Jadi, jika BMI Anda belum mencapai angka tadi, sebaiknya Anda tetap memilih pola makan yang sehat dan rajin berolahraga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.