Sukses

Mau Sehat Saat Tua? Mulai Praktikkan Pola Hidup Ini Sedari Muda

Lansia bisa sehat jika selagi muda sudah menjalankan kehidupan sehat.

Liputan6.com, Jakarta Jika ingin sehat saat lanjut usia, mulailah mempraktikkan pola hidup sehat sedari muda seperti dituturkan Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI, dr. Untung Suseno Sutarjo.

"Kita harapkan lansia aktif dan produktif jangan sampai jadi beban keluarga. Dan itu bisa dicapai dari muda sebelum lansia dengan mengatur kesehatan kita," tutur Untung dalam acara peringatan Hari Lanjut Usia Nasional di Bundaran Senayan, Jakarta pada Minggu (29/5/2016).

Menjalankan pola hidup sehat saat usia muda sebenarnya tidak sulit yakni dengan mengonsumsi gizi seimbang, menghindari stres, mencegah penyakit menular dengan rutin melakukan deteksi dini, serta cukup istirahat. Dengan demikian diharapkan nanti saat mencapai lanjut usia bisa menjadi manusia sehat yang aktif, produktif, dan mandiri.

Jika tidak menjaga kesehatan sedari muda aneka penyakit tidak menular (PTM) bisa mendera saat lansia. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar 2013 masalah hipertensi, osteoarthritis, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) dan diabetes mellitus jadi penyakit terbanyak yang menghampiri lansia.

"Penyakit-penyakit tersebut kan sebenarnya bisa dicegah," tutur Untung lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini