Sukses

Susah BAB Saat Liburan? Coba 5 Trik Ini

Kebiasaan buang air besar (BAB) terkadang menjadi masalah tersendiri bagi beberapa individu yang tengah berlibur.

Liputan6.com, Jakarta Kebiasaan buang air besar (BAB) terkadang menjadi masalah tersendiri bagi beberapa individu yang tengah berlibur. Jika biasanya mereka bisa BAB secara rutin saat di rumah, justru malah kesulitan saat berada jauh dari rumah. Anda pun pernah mengalaminya?

Perubahan rutinitas harian, kegelisahan akibat bepergian, jet lag, atau perubahan pola makan bisa jadi penyebab Anda merasa kembung dan tak nyaman sehingga berujung pada susah BAB. Berikut beberapa trik yang bisa Anda coba untuk mengatasi hal itu, dikutip dari laman Popsugar, Minggu (29/5/2016):

1. Makan secara benar

Berlibur memang identik dengan bersenang-senang dan memuaskan diri sendiri. Tapi sebaiknya Anda tetap menjaga pola makan seperti biasanya agar tak sulit BAB. Pastikan Anda mendapat kecukupan serat dari buah, sayur, dan gandum utuh. Jika khawatir kesulitan menemukan makanan tersebut saat liburan, bawa serta kudapan yang bisa Anda camil saat dalam perjalanan. 

2. Perhatikan asupan air putih setelah minum minuman beralkohol

Saat berlibur terkadang Anda ingin mencicip minuman beralkohol. Masalahnya minuman beralkohol bisa mengganggu pencernaan. Jadi pastikan untuk minum banyak air putih setelah Anda menyesap cocktails atau minuman beralkohol. Tetap terhidrasi membantu pencernaan tetap lancar.

3. Bergerak

Berolahraga juga bisa membantu BAB tetap lancar. Jadi meskipun tujuan berlibur adalah untuk bersantai dan melepas penat, baiknya sisipkan pula kegiatan seperti berenang, yoga, hiking, atau bersepeda.

4. Sisihkan waktu untuk BAB

Luangkan waktu untuk mencoba BAB. Anda bisa menyesap secangkir kopi panas atau air lemon hangat untuk membantu memudahkan BAB.

5. Latihan napas

Situasi yang penuh stres bisa mengganggu sistem pencernaan. Entah Anda khawatir masalah jadwal penerbangan atau lainnya yang pasti hal tersebut bisa dihindari dengan merencanakan segala sesuatunya dari jauh hari.

Untuk mengatasi kecemasan terkait jadwal penerbangan, lakukan yoga sederhana dan atur napas di ruang tunggu bandara. Mandi air hangat, pijat, atau meditasi saat penerbangan juga bisa membantu Anda tetap tenang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini