Sukses

Membersihkan Mulut Tak Harus Tunggu Bayi Bergigi

Tak perlu menunggu gigi hadir, sejak bayi berusia hari atau mingguan kebersihan area mulutnya sebaiknya dijaga.

Liputan6.com, Jakarta Tak perlu menunggu gigi hadir, sejak bayi berusia hari atau mingguan kebersihan area mulutnya sebaiknya dijaga. Tak sulit kok, hanya dengan menyeka menggunakan kasa steril yang dibasahi air hangat pada mulut termasuk gusi dan lidah bayi seperti dituturkan dokter gigi Kalya Putri.

"Biasakan membersihkan mulut bayi sejak dini secara teratur setiap selesai menyusui," tutur dokter Kalya Putri di sela-sela peluncuran buku Anti Panik Mengasuh Bayi 0-3 Tahun di Jakarta ditulis Jumat (27/5/2016).

Lakukanlah pembersihan pada bagian dalam mulut bayi ini usai dia menyusui dan terutama sebelum tidur di malam hari. Jika pun sudah tumbuh gigi, yakni pada saat ia berusia 6-7 bulan bersihkan dengan menggunakan sikat karet lembut yang dipasang di jari. Alat ini sekaligus merangsang gigi untuk tumbuh.

"Selain menjaga kebersihannya, membersihkan mulut bayi sejak dini agar bayi terbiasa dengan ritual membersihkan mulut setelah makan dan sebelum tidur di kemudian hari," tutur dokter lulusan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.