Sukses

Tips Meringankan Gejala Sinusitis

Mengompres bagian dahi dengan air hangat dapat meringankan gejala sinus

Liputan6.com, Jakarta Sinusitis merupakan sebuah penyakit penyumbatan di bagian hidung karena area sinus mengalami infeksi yang disebabkan oleh pilek atau alergi. Namun jangan khawatir apabila Anda mengalami hal tersebut, ada beberapa tips guna meringankan gejala sinusitis dari laman Treehugger, Jumat (27/5/2016):

1. Memijat bagian tengah dahi

Hal ini merupakan hal yang paling sederhana dalam mengurangi gejalasinusitis dengan memijat bagian tengah dahi di atas hidung menggunakan jari telunjuk dan jempol dengan lembut dan agak ditekan. Akan lebih efektif apabila pemijatan dilakukan dengan mengoleskan minyak kayu putih agar memberikan rasa hangat pada bagian sinus. 

2. Kompres bagian dahi

Mengompres bagian dahi dengan air hangat dapat meringankan gejala sinus Anda karena efek panas yang dihantarkan dapat mengurangi pembengkakan sinus dan memberikan efek relaksasi.

3. Gunakan bawang merah atau bawang putih

Bawang merah dan bawang putih telah terbukti dapat mengurangi pembengkakan sinus. Lakukanlah dengan cara mengunyah bawang merah atau bawang putih mentah secara otomatis bau akan tercium oleh bagian dalam hidung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.