Sukses

Pakar: Terus Belajar Hal Baru agar Tak Pikun

Seiring bertambahnya usia, jangan pernah berhenti mempelajari hal baru.

Liputan6.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia, jangan pernah berhenti mempelajari hal baru. Menurut Ketua Ketua Persatuan Gerontologi Medik Indonesia (PERGEMI) Prof. Dr. dr. Siti Setiati hal tersebut bisa mencegah atau menunda kepikunan pada seseorang terutama saat lanjut usia.

"Salah satunya dengan memberikan aktivitas otak atau brain exercise. Seperti main TTS, main game, belajar mengotak-atik laptop. Minta orang tua agar tetap belajar hal baru sampai tua. Kalau perlu minta mereka belajar lagi. Dengan begini, otak terus dirangsang aktif," tutur wanita berkaca mata yang akrab di sapa dokter Ati ini.

Selain itu, para lansia juga sebaiknya mengonsumsi makanan bergizi. Hindari konsumsi makanan cepat saji terlalu sering.

Tak ketinggalan berolahraga juga jadi langkah penting mencegah kepikunan. Tentu olahraga yang disesuaikan dengan kemampuan lansia ya. Seperti berjalan kaki, berdansa, ataupun menari poco-poco.

"Dengan olahraga otak mendapatkan pasokan darah yang cukup, oksigen ke otak yang cukup. Hal ini penting untuk kemampuan ingatannya," tutur dokter Ati dalam acara jelang peringatan Hari Lanjut Usia Nasional di Kementerian Kesehatan RI, Jakarta pada Kamis (26/5/2016).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini