Sukses

10 Manfaat Durian yang Belum Anda Tahu

Durian memiliki manfaat kesehatan yang jarang diketahui orang.

Liputan6.com, Jakarta Siapa sangka di balik aroma yang khas dan daging yang lembut, durian memiliki manfaat kesehatan yang jarang diketahui orang. Beruntungnya, buah ini hanya tumbuh di kawasan Asia Tenggara dan secara global dianggap sebagai "King of Fruit".

Lantas, apa saja manfaat buah durian? berikut ulasannya, seperti dikutip Lifehack, Rabu (25/5/2016)

1. Sumber energi

Satu porsi buah durian mengandung 243 gram karbohidrat yang mencakup sekitar 20 persen kebutuhan harian Anda. Beberapa orang mungkin tidak bisa memakannya karena tidak suka aromanya. Namun buah ini kadang diberikan kepada pelari, atlet, dan orang-orang yang membutuhkan energi ekstra karbohidrat. 

2. Serat tinggi

Salah satu manfaat dari buah durian adalah kandungan serat yang tinggi. Setiap porsi berisi sekitar sembilan gram serat yang mencakup 37 persen kebutuhan harian Anda (berdasarkan diet 2.000 kalori). 

3. Tinggi lemak dan kalori

Satu durian mengandung lebih dari 350 kalori dan 13 gram lemak. Jangan khawatir, karena lemak yang terkandung di dalamnya itu sehat. Selama tidak dikonsumsi berlebihan, Anda tidak akan gemuk. 

4. Tinggi vitamin C

Vitamin C pada durian bisa bermanfaat untuk melawan penyakit, penyembuhan luka, menurunkan kolesterol, dan meningkatkan aliran darah. 

5. Vitamin B

Vitamin B memiliki banyak manfaat kesehatan. Buah durian ternyata membantu menjaga radikal bebas dan diklaim dapat mencegah penuaan dan penyakit jantung. Buah ini juga dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan bahkan membantu meningkatkan kadar serotonin sehingga memperbaiki mood Anda dan mengurangi depresi. 

6. Tinggi zat besi dan tembaga

Durian yang tinggi zat besi dan tembaga. Tembaga dan besi diperlukan dalam pembentukan dan penciptaan sel darah merah yang sehat. Durian juga mengandung mangan yang membantu dengan tulang dan kesehatan kulit.

7. Tinggi kalium

Kalium adalah elektrolit penting yang membantu mengontrol tekanan darah, menjaga kadar natrium dan membantu mengatur detak jantung Anda. Durian memiliki banyak kalium yang sangat membantu untuk kesehatan Anda.

8. Rileks

Durian mengandung tryptophan, jenis asam amino yang mendorong produksi serotonin pada otak yang dikenal dapat menciptakan perasaan tenang, mengantuk, dan rileks. 

9. Sumber thiamin

Jika Anda membutuhkan lebih banyak thiamin dalam hidup Anda, durian bisa menjadi sumber itu. Thiamin dapat membantu tubuh memetabolisme karbohidrat menjadi energi dan meningkatkan kesehatan otot dan saraf.

10. Tinggi folat

Buah durian juga mengandung banyak folat atau dikenal sebagai asam folat. Hal ini dapat membantu dalam mencegah penyakit jantung, perkembangan janin (jika Anda hamil), dan bahkan membantu fungsi otak dengan benar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini