Sukses

5 Trik Alami agar Tak Digigit Nyamuk

Ada beberapa cara untuk menghindari gigitan nyamuk.

Liputan6.com, Jakarta Serbuan nyamuk terkadang tak bisa dihindari di negara beriklim tropis seperti Indonesia. Curah hujan yang akhir-akhir ini tak menentu juga membuat nyamuk cepat berkembang biak. Bila tak berhati-hati, gigitan nyamuk tertentu bisa menimbulkan masalah kesehatan serius seperti DBD.

Ada beberapa cara untuk menghindari gigitan nyamuk, misalnya dengan menggunakan losion antinyamuk. Tapi, kita pun harus berhati-hati menggunakan losion antinyamuk karena banyak di antaranya memiliki efek samping yang mengganggu pernapasan dan iritasi kulit.

Selain menggunakan losion, tak ada salahnya Anda mencoba lima trik alami berikut untuk menghindari gigitan nyamuk, dilansir dari laman Purewow, Rabu (25/5/2016):

1. Menggunakan pakaian berwarna terang

Waktu matahari terbit dan matahari terbenam adalah waktu favorit nyamuk berkeliaran untuk mencari makan. Warna gelap mencuri perhatian nyamuk yang tengah kelaparan. Sebaliknya, warna terang tak terlalu menarik minat mereka karena nyamuk cenderung mencari warna yang kontras dengan garis horison. Jadi, hindari memakai baju warna gelap jika tak ingin diserbu nyamuk. 

2. Kelilingi diri dengan lavender

Tanaman beraroma ini ampuh menghindarkan kita dari nyamuk dan serangga lainnya. Aroma lavender yang ditanam di halaman rumah cukup untuk menghalau nyamuk. Tapi cara terbaik untuk menghindari gigitan nyamuk adalah dengan membalur minyak esensial lavender di kulit.

3. Gunakan pewangi seprai beraroma lavender

Bila Anda tak punya cukup lahan untuk menanam lavender di halaman atau tak menemukan minyak esensial, cukup gunakan pewangi seprai beraroma lavender. Wewangian beraroma kuat sudah cukup untuk menghalau nyamuk.

4. Konsumsi bawang putih

Minyak bawang putih yang menguar dari pori-pori kulit setelah Anda mengonsumsinya bertindak sebagai penghalang antara aroma kulit Anda dengan nyamuk. Tapi tak perlu terlalu banyak mengonsumsinya karena alih-alih hanya nyamuk, teman dan orang terdekat juga bisa ikut menjauh dari Anda.

5. Halau dengan angin

Anda tentu pernah mendengar bahwa air menarik nyamuk. Tapi tahukah Anda jika angin mencegah nyamuk datang mendekat? Bahkan angin yang berhembus ringan membuat nyamuk sulit terbang. Jadi, salah satu trik untuk menghalau nyamuk adalah dengan memasang kipas angin di beranda. Arahkan hembusan angin ke bawah agar nyamuk tak bisa terbang tinggi dan cenderung enggan mendekat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini