Sukses

5 Keuntungan Si Tangan Kidal

Manusia normalnya menggunakan tangan kanannya, namun beberapa orang di dunia memiliki keturunan tangan kidal dan ini keuntungannya.

Liputan6.com, Jakarta Dianugerahi kedua tangan menjadi salah satu kesempurnaan yang diberikan kepada manusia. Namun sekitar 10 hingga 20 persen populasi dunia memiliki perbedaan terhadap penggunaan tangannya. Ada yang lebih lihat menggunakan tangan kanan, dan lainnya lihai menggunakan tangan kiri alias kidal.

Kondisi kidal pada seseorang ialah di mana tangan yang lebih aktif adalah tangan kiri. Misal untuk menulis, memegang gawai, memasak, hingga makan orang-orang kidal selalu menggunakan tangan kirinya.

Seperti dilansir laman anythinglefthanded.co.uk, ditulis Rabu (25/05/2016) memiliki tangan kidal merupakan sebuah berkat genetik. Walaupun di Indonesia khususnya penggunaan tangan kiri dianggap tidak sopan, namun menjadi orang yang kidal ternyata memiliki keuntungannya tersendiri, seperti berikut ini: 

1. Keuntungan dalam bidang olahraga

Sebagian besar pemain baseball mampu menggunakan kedua tangannya dalam suatu pertandingan. Mulai dari memakai sarung tangan hingga melempar bola dominan menggunakan tangan kiri.

Bahkan beberapa pemain baseball yang kidal memiliki sarung tangan khusus untuk tangan kirinya. Ada pula keuntungan tangan kidal di bidang olahraga lainnya seperti tinju dan tenis.

2. Memiliki IQ yang tinggi

Para peneliti tidak yakin ada hal yang dapat dijadikan tolak ukur untuk melihat apa yang menyebabkan orang kidal memiliki IQ yang tinggi - bahkan digolongkan sebagai orang cerdas.

Namun dapat dibuktikan 20 persen anggota Mensa (organisasi orang dengan IQ tinggi di Inggris) memiliki tangan kidal. Beberapa orang berpikir bahwa orang kidal dipaksa untuk menggunakan kedua sisi otak lebih sering, sehingga memungkinkan para individu kidal lebih mudah untuk menangkap informasi atau hal baru.

3. Ahli melihat di bawah air

Mungkin terdengar aneh antara kemampuan tangan dapat mempengaruhi penglihatan. Namun para ilmuwan berfikir ada hubungan dari kemampuan otak yang lebih dominan pada orang kidal, sehingga mampu mengerahkan matanya untuk melihat lebih cepat dan baik saat di bawah air.

4. Kemampuan multitasking

Kelebihan yang dimiliki orang kidal ialah di mana mereka memiliki kemampuan otak yang lebih cepat dari orang normal. Dan ini mempengaruhi adanya kebiasaan multitasking yang dimiliki orang kidal.

Para peneliti menemukan bahwa percakapan antara otak kiri dan kanan terjadi lebih cepat ada orang kidal dan semakin dominan otak kiri akan semakin baik untuk multi-tasking.

5. Ingatan memori yang baik

Studi menunjukkan bahwa memori yang dimiliki orang bertangan kidal mempengaruhi kemampuan ingatan yang lebih baik daripada orang normal. Terutama untuk memanggil ingatan kembali (recall memory).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini