Sukses

Ketahui 7 Faktor yang Pengaruhi Kesuburan Wanita

Kebiasaan sehari-hari berpengaruh terhadap kesuburan wanita, namun sayangnya tidak semua tahu hal tersebut pengaruhi kesuburan wanita.

Liputan6.com, Jakarta Sesudah menikah, faktor kesuburan menjadi hal yang diperhatikan bagi suami istri yang menginginkan keturunan. Dibandingkan pria, wanita lebih sensitif terhadap hal-hal terkait kesuburan sehingga kaum hawa lebih memperhatikan ini. 

Kebiasaan sehari-hari berpengaruh terhadap kesuburan wanita, namun sayangnya seringkali hal ini tidak diketahui. Berikut tujuh hal yang memengaruhi kesuburan wanita seperti mengutip laman Times of India, Senin (23/5/2016).

1. Berat badan berlebih atau kurang

Obesitas membuat wanita memiliki hormon yang tidak seimbang sehingga sulit baginya untuk hamil. Jikapun hamil, kondisi ini menimbulkan risiko kesehatan bagi ibu dan janin yang dikandung.

Sementara itu, bila badan terlalu kurus juga bisa menyebabkan masalah hormonal juga pada perempuan, sehingga menyebabkan gangguan ovulasi.

2. Stres

Di masa modern seperti ini wanita memiliki banyak tantangan, baik dalam karir maupun rumah tangga. Hal tersebut tentu saja membuat level stres meningkat yang berdampak membuat perubahan hormon tidak alami. Akibatnya hal ini juga memengaruhi aliran darah ke rahim.

3. Olahraga berlebih

Berolahraga memang mampu membuat tubuh sehat, tapi jika berlebihan juga jadi masalah. Olahraga berlebih membuat tubuh jadi stres. Studi dari Norwegian University of Science and Technology di 2010 mengatakan olahraga berlebih membuat perempuan menggunakan energi yang sebenarnya diperlukan untuk kehamilan.

4. Konsumsi kafein berlebih
Konsumsi kafein dalam jumlah berlebih memengaruhi perkembangan telur, sehingga telur sulit matang.

5. Merokok
Ada lebih dari 2000 jenis bahan berbahaya dalam asap rokok. Bila perempuan merokok hal tersebut meningkatkan risiko bagi sel telur sulit dibuahi.

6. Alkohol
Konsumsi alkohol bisa membuat gangguan pada siklus haid, hal ini juga memengaruhi kemampuan tuba falopi dalam menyalurkan sperma.

7. Usia
Usia 20-30 tahun merupakan waktu terbaik untuk hamil. Lalu, sesudah melewati usia 35 tahun kesuburan wanita mulai menurun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.