Sukses

Tips Keringkan Rambut dengan Tepat

Liputan6.com, Jakarta Saat hendak berpergian tentunya para wanita menginginkan tampilan rambut yang sempurna dan mempesona. Tetapi hal tersebut tidak mudah didapatkan dengan kilat, apalagi jika keadaan rambut masih basah seusai keramas.

Sementara penggunaan alat pengering rambut atau hair dryer yang berlebihan dapat membahayakan kesehatan rambut. Ketika rambut masih basah dan harus terkena panas, rambut akan mudah rapuh, kering, kusam, dan kondisi rambut rusak.

Mengutip laman philipkingsley.com, ditulis Senin (23/05/2016) menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut tidak akan merusak kondisi rambut, apabila melakukannya dengan cara yang tepat. Simak teknik mengeringkan rambut berikut ini.

- Keringkan rambut dengan handuk terlebih dahulu

Kegunaan handuk usai keramas untuk membuang sisa-sisa air yang masih menempel di area rambut. Sebelum rambut menerima udara panas, akan lebih baik jika sisa air dihilangkan dengan rambut dengan menekan bukan menggosoknya.

Usap permukaan rambut dari kulit kepala hingga ujung rambut dengan lembut untuk menghindari rambut kusut. Bahkan disarankan untuk menyisir rambut terlebih dahulu sebelum mengusap sisa air pada rambut.

- Atur jarak dan suhu hair dryer pada rambut

Saat sisa air di rambut sudah hilang, gunakan hair dryer untuk mengeringkan seluruh rambut.

Atur jarak hair dryer dengan kulit kepala setidaknya 15 sentimeter. Keringkan mulai dari bagian belakang hingga samping kiri dan kanan rambut.

Mulailah dengan suhu paling panas, jika rambut mulai mengering turunkan panas sampai pada akhirnya berada di suhu yang dingin. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerusakan rambut, bahkan para ahli penata rambut menyarankan untuk menggunakan sisir berbahan plastik yang lembut dan lentur untuk menjaga kekuatan rambut.

Artikel Selanjutnya
Miliki Rambut Sehat dan Tanpa Masalah dengan 11 Rutinitas Berikut
Artikel Selanjutnya
6 Rahasia Memperbaiki Rambut Rusak