Sukses

Hidung Tersumbat? Coba Hirup Ramuan Alami Ini

Hidung tersumbat umumnya merupakan salah satu dari gejala flu.

Liputan6.com, Jakarta Hidung tersumbat umumnya merupakan salah satu dari gejala flu. Kondisi ini tentu saja terasa mengganggu, napas jadi tidak bebas dan tidur pun tak nyenyak.

Sayangnya tak banyak orang yang tahu cara mengatasi hidung tersumbat. Biasanya mereka akan mengira hidung tersumbat berkaitan dengan ingus yang menghalangi dan mencoba membuangnya dengan cara paksa. Padahal hal itu akan memperburuk kondisi karena lendir bisa masuk ke paru-paru dan menyebabkan infeksi. 

Ada cara mudah dan alami untuk meredakan hidung tersumbat, yaitu menggunakan bawang putih. Berikut caranya, dikutip dari laman Purewow, Senin (23/5/2016).

Siapkan tiga hingga lima siung bawang putih, sepanci kecil air, dan handuk.

Didihkan air dalam panci. Hancurkan bawang putih dan buang kulitnya. Masukkan bawang putih ke dalam air mendidih dan matikan api.

Letakkan kepala sekitar dua hingga empat inci di atas panci dan tutupi dengan handuk. Hirup dalam-dalam uap air dan keluarkan, lakukan berulang selama beberapa menit hingga hidung terasa lega.

Bawang putih adalah antibakteri alami. Bawang putih yang dihancurkan akan mengeluarkan komponen allicin yang bisa membantu mengecilkan mukus yang membuat hidung tersumbat. Bawang putih juga mengurangi inflamasi yang ikut menghambat saluran napas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.