Sukses

Menurut Sains, Inilah Makanan Pembuat Senang

Liputan6.com, Jakarta Tak sedikit orang yang makan untuk mengobati suasana hatinya yang buruk. Tak jarang pula orang-orang makan karena ingin "mengisi" sesuatu yang kosong di hidupnya.

Agar Anda tak lantas menjadi emotional eater yang kemudian berujung pada obesitas, cermatlah dalam memilih bahan-bahan yang Anda makan.

Melansir Pure Wow, Minggu (22/5/2016), inilah makanan-makanan yang memang sudah dibuktikan bisa meningkatkan suasana hati. Apa saja?

1. Buah-buahan yang nyaman di perut

 

Tidak berselera makan di pagi hari? Mulailah dengan beberapa buah-buahan segar untuk mendampingi kopi atau teh Anda. Pilihlah buah yang kaya akan vitamin C dan zat besi, seperti jeruk, lemon, atau anggur dan stroberi.

Buah-buahan tadi akan memberi Anda suntikan energi sekaligus memperlancar pencernaan. Ketika perut Anda sudah lebih nyaman, lanjutkan dengan mengonsumsi oatmeal atau kacang almond.

2. Semangkuk kefir

Minuman fermentasi ini kaya dengan bakteri probiotik yang sehat bagi usus. Kefir bisa membantu menurunkan perasaan gelisah atau bahkan depresi.

Kefir juga mengandung tryptophan, sejenis asam amino yang bisa meningkatkan kadar serotonin di otak. Jadi, jika Anda merasa hari Anda akan penuh tekanan dan stres, konsumsilah semangkuk kefir terlebih dahulu.

3. Salad di pagi hari

Walaupun terdengar janggal, sebenarnya mengonsumsi salad di pagi hari adalah pilihan cerdas. Anda bisa mendapatkan pasokan sayur harian sekaligus suntikan semangat.

Bayam, terutama, kaya akan folat yang bisa mendorong regulasi serotonin. Gabungkan sayuran hijau dengan protein dan karbohidrat untuk mendapatkan kalori yang cukup sampai makan siang.

4. Granola dengan biji labu dan almond

Kombo renyah ini kaya akan asam amino, zinc, dan magnesium - yang bila disatukan bisa mendongkrak mood, menjaga rasa kenyang, sekaligus membuat Anda santai tak peduli apapun yang terjadi pada hari Anda.

Sebagai saran, tambahkan sedikit madu untuk mempermanis kombinasi ini.

5. Roti panggang dengan avokado dan telur

Walau tak umum, tapi menu ini mengandung nutrisi seimbang. Menu ini mengandung karbohidrat, lemak baik, dan protein. Mengonsumsinya akan menjamin suasana hati Anda juga menjadi lebih tenang dan seimbang.