Sukses

4 Tips Menghilangkan Jerawat yang Radang

Cystic acne adalah kondisi peradangan, dan ini 4 tips menghilangkan jerawat yang bisa tumbuh di dalam kulit tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Jerawat yang timbul pada wanita biasanya akibat pengaruh hormon dan kurangnya menjaga atau merawat kulit dengan maksimal. 

Isi dari jerawat yang muncul ke permukaan wajah biasanya berisi lemak sisa yang tidak keluar dengan maksimal. Tetapi, tak semua jerawat dapat di keluarkan isinya. Sebab pada beberapa kasus jerawat tidak muncul ke permukaan kulit melainkan meradang di dalam permukaan kulit.

Jerawat sejenis ini perlu diobati dengan cara khusus karena jerawat tidak mampu menghilang dengan sendirinya. Jenis jerawat ini bernama Cystic acne.

Seperti dilansir laman Webmd, jerawat ini mempengaruhi area kulit bagian dalam dan luar. Di mana isi dari jerawat akan tumbuh ke dalam atau menyebabkan peradangan, juga meninggalkan nampak yang nyata di permukaan luar kulit berbentuk benjolan berwarna merah.

Penyebab jerawat ini dikarenakan pori-pori di kulit tersumbat ditambah dengan sel-sel kulit mati yang tidak terangkat dengan menyeluruh. Bahkan terkadang pori-pori yang tersumbat dikerumuni oleh bakteri sehingga menyebabkan permukaan jerawat pada wajah menjadi merah dan bengkak.

Cystic acne ini tumbuh jauh di permukaan kulit bagian dalam, akibatnya tidak mudah untuk mengobati jenis jerawat ini dalam beberapa hari. Untuk menghindari jerawat ini muncul di permukaan kulit Anda, penting untuk selalu menjaga kebersihan wajah setiap hari dengan langkah berikut. Dikutip dari laman Bustle, ditulis Minggu (22/05/2016).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara menghindari Cystic acne

1. Masker madu

Madu adalah salah satu bahan ampuh untuk memberikan kelembaban kulit. Sifat antiseptik yang terdapat pada madu mampu menyembuhkan bekas luka juga jerawat. Terlebih madu akan secara efektif menyembuhkan bakteri dan bekas dari cystic acne.

Selain dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka jerawat, madu pun akan membantu wajah terhindar dari jerawat dengan rutin melakukan masker wajah dengan menggunakan madu dengan campuran kayu manis dan dibalurkan secara rata di permukaan wajah sebanyak tiga kali seminggu.

2. Baking soda dan garam

Membuat masker dari campuran baking soda dan garam epsom terbukti menjadi zat yang paling ampuh memerangi jerawat termasuk jenis cystic acne.

Dengan mengencerkan baking soda dan garam epsom ke dalam air hangat, campuran bahan ini siap menjadi masker wajah yang sempurna. Ulaskan ke seluruh permukaan wajah, tunggu hingga mengering lalu bilas dengan air hangat. Lakukan sebanyak dua kali sehari untuk hasil yang cepat dan maksimal.

3. Konsumsi vitamin C

Perawatan kulit tak selamanya dilakukan dari luar saja, nyatanya kebutuhan vitamin C tepat untuk memerangi pertumbuhan jerawat. Dengan mengonsumsi minuman yang mengandung vitamin C akan membantu tubuh mengeluarkan racun dari tubuh hingga mencegah pertumbuhan jerawat.

Bahkan Anda akan mendapatkan keuntungan lebih dari mengonsumsi vitamin C yang berfungsi meningkatkan imunitas tubuh.

4. Kompres dengan es batu

Jika cystic acne terlanjur menyerang permukaan kulit, es batu dapat meredakan warna kemerahan dan bengkak pada permukaan kulit bagian luar.

Dengan menepuk atau menekan area berjerawat menggunakan es batu akan mengurangi pembengkakan dan menghilangkan kotoran di dalam pori-pori kulit serta mengangkat minyak berlebih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini