Sukses

3 Penyakit Yang Sering Dipicu Stres

faktor stres yang ternyata bisa menjadi pemicu utama beberapa gangguan kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak faktor datangnya penyakit ke tubuh manusia. Kebersihan, pola makan dan keturunan menjadi faktor paling sering dijumpai. Tapi kita sering melupakan faktor stres yang ternyata bisa menjadi pemicu utama beberapa gangguan kesehatan atau penyakit dari ringan hingga berat.

Seperti dilansir WebMD, berikut beberapa penyakit yang kerap muncul dikala stres, yaitu:

1. Sakit kepala

Secara umum stres bisa menimbulkan kecemasan dan akan berhubungan dengan timbulnya rasa sakit kepala. Saat stres, otak yang berada di dalam tempurung kepala ini akan bekerja lebih keras dari biasanya sehingga menyebabkan rasa sakit pada bagian tersebut.

 

Bahkan ketika pikiran terlalu berat karena banyaknya masalah yang harus dihadapi, seringkali seseorang harus merasakan sakit kepala yang sangat di bagian sebelah atau migrain.

2. Insomnia

Insomnia merupakan suatu gangguan tidur yang sering terjadi karena stres. Ketika banyak sekali hal-hal yang dipikirkan, seseorang biasanya merasakan kecemasan yang berlebihan, dan hal ini menyebabkan rasa sulit memejamkan mata.

Pada saat stres, produksi adrenalin meningkat. Hal ini menyebabkan kewaspadaan dan membuat tetap terjaga.

3. Tekanan darah tinggi

Stres juga menimbulkan gangguan tekanan darah. Hal ini yang akhirnya memicu terjadinya tekanan darah tinggi yang berujung pada penyakit kardiovaskular.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.