Sukses

Segudang Manfaat Kenalkan Buah dan Sayur saat MPASI

Berikan anak buah dan sayur agar ia pertumbuhannya baik serta daya tahan tubuhnya kuat.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat buah dan sayur bagi buah hati amat banyak. Bahkan sejak ia berusia enam bulan alias sudah mulai mengonsumsi Makanan Pendamping ASI (MPASI), anak sebaiknya sudah dikenalkan dengan buah dan sayur.

"Semakin dini dikenalkan semakin baik. Maka mulai kebiasaan makan buah dan sayur sejak anak berusia enam bulan dari MPASI," tutur dokter spesialis anak Frieda Handayani Kawanto.

Avokad, pisang, bayam, jagung manis, apel, dan pir adalah contoh makanan yang disarankan dokter cantik dari RS Awal Bros Evasari Jakarta ini, yang bisa dikonsumsi sebagai MPASI.

Jika sejak kecil anak mengonsumsi buah dan sayur manfaat yang dirasakan anak begitu hebat. Berikut paling tidak empat peran buah dan sayur bagi tumbuh kembang anak seperti diungkapkan dokter Frieda dalam acara Sarihusada beberapa saat lalu di Jakarta ditulis Jumat (20/5/2016).

1. Mendukung sistem pencernaan
Di dalam buah dan sayur mengandung serat yang berperan melancarkan pencernaan, mengurangi risiko konstipasi atau sembelit, serta membantu mencegah perdarahan pada usus dan penyakit usus.

2. Membantu pertumbuhan
Memiliki berbagai vitamin dan mineral yang penting mendukung proses akumluasi massa tulang pada masa pertumbuhan.

3. Memperkuat daya tahan tubuh
Konsumsi buah dan sayur bisa membuat si Kecil jadi jarang sakit karena kandungan antioksidan membuatnya jadi lebih kuat.

4. Meningkatkan kemampuan belajar
Mendukung proses belajar dan memori jangka panjang yang lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini