Sukses

WHO: Indonesia Sukses Eliminasi Tetanus pada Ibu

WHO menyatakan bahwa Indonesia berhasil mengeliminasi tetanus pada ibu dan bayi baru lahir maternal neonatal tetanus.

Liputan6.com, Jakarta Usai mendapatkan validasi dari tiga lembaga internasional, yakni WHO, UNICEF, dan UNFPA, lembaga kesehatan dunia menyatakan bahwa Indonesia berhasil mengeliminasi tetanus pada ibu dan bayi baru lahir maternal neonatal tetanus (MNT). 

Ketiga lembaga memberi selamat kepada pemerintah Indonesia atas capaian besar yang menandai kemampuan Indonesia dalam mengikis tidak meratanya cakupan (inekuitas) imunisasi walaupun menghadapi tantangan besar dalam menyediakan layanan kesehatan bagi masyarakat di ribuan pulau.

“Kondisi geografis di Indonesia sangat sulit. Kami senang dan lega karena kerja keras kita bersama membawa Indonesia berhasil eliminasi tetanus. Bahkan di daerah yang sulit, seperti di Papua dan Papua Barat, eliminasi tetanus bisa tercapai. Kita harus mempertahankan hal ini dengan tetap melakukan imunisasi antitetanus terutama pada ibu hamil,” ujar Menkes saat menerima tim validasi di kantornya, Kamis (19/5/2016).

Wakil WHO untuk Indonesia Dr Jihane Tawilah menyebutkan bahwa tercapainya status eliminasi merupakan gambaran dari situasi neonatal saat ini. Adanya tetanus neonatal merupakan pertanda kesenjangan kesehatan masyarakat dan imunisasi.

"MNT umumnya terjadi pada kelompok masyarakat dengan pendidikan dan kemampuan ekonomi terendah. Eliminasi MNT berarti bahwa Indonesia telah dapat menyediakan akses imunisasi lebih baik kepada populasinya," ujar Jihane Tawilah.

Neonatal Tetanus disebut sebagai “silent killer”. Meski demikian, penyakit ini sangat bisa dicegah, melalui pemberian Vaksin tetanus toxoid (TT) yang tepat waktu, selain menjaga kebersihan tempat praktik bersalin.

Indonesia adalah negara terakhir di regional Asia yang bebas MNT. Pada 1988, ada 780.000 kasus Neonatal Tetanus yang tercatat secara global dan Indonesia adalah satu dari 59 negara dengan risiko paling tinggi. Saat ini, dengan status eliminasi MNT yang dicapai Indonesia berarti ada kurang dari 1 kasus neonatal tetanus per 1.000 kelahiran yang terjadi di setiap daerah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini