Sukses

Apa Benar Hukuman Kebiri Bisa Selesaikan Masalah?

Hukuman kebiri kimiawi terhadap pelaku saat di penjara, bukan jaminan ia berhenti melakukan hal yang sama saat keluar penjara.

Liputan6.com, Jakarta Hukuman kebiri pada pelaku kejahatan seksual bukan berarti jaminan ia akan berhenti melakukan kejahatan seksual. Menurut psikolog seksual Zoya Amirin, bila hukuman kebiri kimiawi (kebiri chemical) dilakukan pada saat di penjara, bisa saja saat ia kembali menghirup udara bebas bisa melakukan hal yang sama.

"Kalau kebiri chemical itu sebenarnya kan suntikan KB tiga bulan sekali. Jadi kalau dia di penjara doang terus di suntik KB, nanti kalau dia keluar penjara wallahu a'lam deh. Bisa saja kembali lagi," tutur Zoya dalam acara Chit Chat Streaming: Mitos dan Fakta Seputar Seks Bersama Zoya Amirin. 

Tak hanya itu, saat ia keluar penjara bisa saja masih ada dendam kepada orang-orang yang menjebloskannya ke penjara. Lalu gangguan mental yang dimiliki pelaku kejahatan seksual masih ada.

"Jadi saya lihat secara psikologis (hukuman kebiri) kurang tepat," ujar seksolog cantik ini dalam program Liputan6.com ini.

Menurut Zoya Amirin, hukuman kebiri menurutnya bukan menyelesaikan masalah. Karena itu seperti menyelesaikan masalah mental secara biologis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.