Sukses

Cara Carissa Putri Hadapi si Kecil yang Aktif

Liputan6.com, Jakarta Pemain film Carissa Putri yang juga ibu dari Quenzino Acana Naif (2,5 tahun) mengatakan bahwa peran bunda untuk berani melepaskan anak bereksplorasi sangat penting.

Menurut dia, ketika memasuki usia 1 tahun hingga sekarang, Quenzino memiliki rasa ingin tahu yang besar. Terkadang ada rasa khawatir dia akan jatuh atau sakit ketika mencoba hal baru.

"Namun, saya ingin Quenzino selalu terlindungi agar dia bebas bereksplorasi. Oleh karena itu, saya pun belajar untuk berani melepas dia namun tetap berada di sampingnya untuk memberikan dukungan," kata Carissa.

Apa yang dilakukan Carissa dibenarkan Psikolog Ratih Ibrahim. Katanya, orang tua harus memberikan cinta, ruang, dan kepercayaan kepada anak untuk bereksplorasi agar tumbuh kembangnya optimal.

 

"Usia 1 tahun adalah masa pembentukan kepercayaan diri anak. Manfaat eksplorasi itu adalah anak dapat mengenal dan berinteraksi dengan hal-hal baru," kata Ratih Ibrahim di acara "Nestle Dancow Excelnutri+ Explore The World" di Plaza Ambarrukmo Yogyakarta, Sabtu.

Menurut Ratih, hal itu dapat mendukung keterampilan sensorik motorik, keterampilan dalam berkomunikasi, sosial-emosional, kemandirian, kognitif, dan kreativitas anak.

"Cinta itu berani memberi ruang kepada anak untuk berusaha bangun saat dia terjatuh agar dapat berjalan dan akhirnya berlari mengejar cita-citanya. Cinta bunda adalah bekal terbaik untuk anak di masa depannya," kata Ratih.

Pentingnya asupan gizi seimbang
Sementara itu, pakar nutrisi Sari Sunda Bulan mengatakan untuk mendukung masa eksplorasi anak yang menginjak 1 tahun, asupan gizi yang seimbang dan sesuai tahapan usia sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang optimal.

Menurut dia, untuk memastikan gizi dapat diserap dengan baik oleh tubuh, maka kesehatan saluran cerna perlu dijaga terkait fungsinya yang antara lain adalah untuk mengolah gizi selain perannya sebagai organ imunitas terbesar.

"Saat anak sehat dan terlindungi, dia dapat bereksplorasi sesuai dengan tahapan usianya untuk mendukung proses belajar dan pertumbuhan fisiknya. Inilah pentingnya saluran cerna terlindungi dengan baik melalui kebaikan probiotik," kata Sari.