Sukses

5 Cara Menjaga Fokus

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kita tetap fokus dan lebih produktif.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu kunci sukses adalah fokus mengerjakan segala sesuatu hal. Tapi kondisi kehidupan yang sangat sibuk dan kerap menuntut kita melakukan banyak hal dalam waktu bersamaan sulit rasanya untuk tetap fokus.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kita tetap fokus dan lebih produktif, berikut lima di antaranya, dikutip dari laman Purewow, Senin (16/5/2016):

1. Bantuan kafein

Anda tentu sudah sering mendengar efek luar biasa kopi, bukan? Tapi, alih-alih minum kopi terus-menerus, coba jangan dulu menyeruput kopi sebelum Anda duduk di meja kantor dan mulai menyelesaikan beberapa tugas.Seduhlah secangkir kopi panas 30 menit sebelum mulai berpikir dan bekerja. 

2. Duduk di dekat jendela

Anda jarang ke luar untuk makan siang? Tak masalah, temukan saja sudut yang cukup berlimpah sinar matahari di rumah atau kantor dan duduk di sana beberapa menit setiap beberapa jam. Sinar matahari alami bisa meningkatkan mood dan keterjagaan jadi Anda bisa lebih fokus dan bahagia.

3. Gunakan terapi aroma

Aroma tertentu seperti peppermint atau kayu manis bisa menstimulasi otak dan membuat Anda lebih terjaga. Nyalakan lilin wangi atau letakkan botol mungil berisi minyak esensial untuk Anda hirup saat merasa lelah di siang hari.

4. Asupan lemak sehat

Anda bisa mendapat asupan lemak sehat omega-3 dari makanan seperti avokad, kenari, salmon, dan tuna. Rutin mengonsumsi omega-3 ampuh meningkatkan mood dan daya ingat serta mempercantik kulit Anda.

5. Hentikan multitasking

Membagi fokus terhadap beberapa hal tidaklah efisien. Risiko membuat kesalahan pun lebih besar ketimbang Anda harus berkonsentrasi penuh terhadap satu hal sebelum beralih pada hal lainnya. Hentikan melakukan banyak pekerjaan secara bersamaan (multitask). Akan jauh lebih baik bisa Anda bisa menggunakan aroma kayu manis saat melakukan tugas ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini