Sukses

8 Alasan Menstruasi Tak Teratur

Pada beberapa wanita, siklus menstruasi yang tidak teratur bisa menjadi masalah

Liputan6.com, Jakarta Pada beberapa wanita, siklus menstruasi yang tidak teratur bisa menjadi masalah. Selain tanda kehamilan, hal ini juga bisa menjadi tanda suatu penyakit.

Lebih jelasnya, berikut ini ada beberapa alasan mengapa menstruasi tidak teratur, seperti dikutip Purewow, Senin (16/5/2016):

1. Hamil

Kehamilan adalah salah satu penyebab paling umum menstruasi tidak teratur. Tapi biasanya kehamilan ditandai dengan bercak kecokelatan yang terjadi pada awal kehamilan. Tidak ada salahnya untuk melakukan tes kehamilan.

2. Menyusui

Saat menyusui, hormon berfluktuasi. Hal ini juga akan memengaruhi siklus menstruasi menjadi tidak teratur. Namun pada beberapa wanita, terlepas dari apakah mereka menyusui atau tidak, akan ada perubahan permanen dalam siklus mereka setelah melahirkan.

3. KB

Inilah yang terjadi ketika Anda mencoba mengendalikan kelahiran. KB akan menyesuaikan diri dengan hormon yang membuat menstruasi Anda tidak teratur. 

 

4. Konsumsi obat tertentu

Pada beberapa obat, khususnya yang diresepkan untuk mengatasi kegelisahan dan depresi, akan menyebabkan perubahan hormon estrogen dan progesteron (hormon yang terkait dengan ovulasi dan menstruasi), yang bisa mengacaukan siklus Anda. Bicarakan dengan dokter Anda jika ada penyimpangan, karena hal ini bisa menjadi efek samping dari obat tanpa Anda sadari.

5. Stres

Hormon stres, kortisol, juga bisa mengubah produksi hormon estrogen dan progesteron. Ketika kadar kortisol Anda naik, siklus menstruasi juga kacau.

6. Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

PCOS terjadi karena kelainan hormonal yang membentuk kista kecil pada ovarium, yang mengganggu ovulasi teratur. Gejala umum termasuk menstruasi yang tidak teratur, jerawat dan kulit berminyak atau berjerawat, sulit hamil, rambut rontok, berat badan bertambah. Konsultasikan dengan dokter Anda segera, karena hal ini juga bisa meningkatkan risiko infertilitas, keguguran, diabetes dan penyakit jantung.

7. Anda seorang atlet

Jika Anda seorang atlet (seperti triatlon atau pelari maraton), bisa jadi siklus menstruasi tidak teratur. Alasannya, ketika Anda berolahraga pada intensitas tinggi dalam jangka waktu lama, tubuh secara otomatis menghemat energi. Sedangkan menstruasi membutuhkan energi dan siklus menstruasi menjadi berantakan.

8. Jelang menopause

Jelang menopause, wanita akan mengalami menstruasi yang tidak teratur. Hal ini karena tubuh Anda mempersiapkan untuk menghentikan ovulasi dan menstruasi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini