Sukses

Jembatan Tol Ambruk, Tak Perlu Stres di Jalan

Jika Anda termasuk salah satu pengguna jalan tol Jakarta-Serpong, tak perlu takut dan stres hadapi macetnya.

Liputan6.com, Jakarta Robohnya jembatan di jalur tol Jakarta-Serpong malam tadi tentu membuat penggunanya was-was. Bayangan tol yang macet dan penuh karena hal tersebut bisa jadi membuat Anda stres membayangkan perjalanan panjang menuju tempat tujuan.

Tapi sebenarnya, ada cara-cara tertentu yang membuat perjalanan panjang Anda tadi jadi lebih menyenangkan. Cobalah jadikan waktu Anda di jalan sebagai "me-time", alias waktu berkualitas untuk manjakan diri sendiri.

Bagaimana caranya?

Di lansir dari Huffington Post, Senin (16/05/2016), inilah hal-hal yang bisa Anda lakukan:

1. Mendengarkan audiobooks

Jika Anda harus menyetir, tentunya tak mungkin bisa membaca buku. Namun, teknologi saat ini memungkinkan Anda untuk 'mendengarkan' buku melalui format audio.

Buku-buku audio ini bisa Anda unduh dari internet, atau berlangganan pada situs khusus yang menyediakan ribuan audiobooks.

Hal ini akan membuat perjalanan Anda menjadi lebih tidak membosankan, dan di saat yang sama juga mengusir stres.

2. Membuat playlist musik

Mendengarkan radio di kendaraan sudah dilakukan orang sejak tahun 1930-an dulu. Tapi sekarang, ada begitu banyak aplikasi yang bisa Anda pilih untuk mendengarkan musik. Anda bahkan bisa menyusun daftar lagu favorit.

Mendengarkan musik akan membuat Anda merasa lebih santai. Lagu kesayangan juga bisa meningkatkan mood Anda, dan membuat hari Anda jadi lebih menyenangkan.

3. Meditasi atau latihan pernapasan

Tidak semua bentuk meditasi harus dilakukan dengan mata tertutup. Tapi, jika orang lain yang menyetir, Anda bebas untuk menutup mata sejenak dan mengistirahatkan pikiran.

Sekarang, Anda juga bisa mengunduh aplikasi-aplikasi yang bisa membantu Anda bermeditasi ke dalam ponsel pintar Anda. Aplikasi ini sempurna saat Anda mengalami hari buruk, akan melakukan rapat atau pertemuan penting, atau sekedar ini menenangkan diri setelah hari yang panjang dan melelahkan.

4. Menulis jurnal

Menulis jurnal sudah sejak lama digunakan untuk mengendalikan depresi, mengurangi stres, dan membantu Anda mencapai target.

Jika Anda termasuk dalam kelompok orang-orang beruntung yang tidak merasa mual saat harus menulis atau membaca di atas kendaraan, menulis jurnal bisa menjadi pilihan sempurna bagi Anda. Tuliskan keinginan dan target Anda untuk hari itu saat berada dalam perjalanan menuju kantor.

Dan sebaliknya, uraikan tentang apa saja yang terjadi pada hari itu dalam jurnal Anda di perjalan pulang.

5. Tidur

Ini tentunya hanya berlaku untuk mereka yang tidak menyetir sendiri. Tidur adalah bentuk istirahat yang sempurna, apalagi jika perjalanan Anda lebih dari setengah jam. Tidur akan mengembalikan energi, meningkatkan vitalitas, dan membuat Anda kembali segar. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.