Sukses

Ingin Anak Lahir Sehat? Begini Caranya

Segera buang kebiasaan buruk bila Anda positif hamil agar anak bisa lahir sehat.

Liputan6.com, Jakarta Segera buang kebiasaan buruk begitu dokter kandungan menyatakan Anda positif hamil. Hentikan merokok, tidak lagi minum minuman beralkohol, mulai jalani diet sehat dan seimbang, dan jangan lupa olahraga teratur. Semua hal tersebut penting dilakukan agar anak lahir dalam keadaan sehat. 

Fase 1.000 hari pertama kehidupan penting diperhatikan guna tumbuh kembang anak, dimulai sejak berada di kandungan. 

"Di kandungan saja sudah sekitar 280 hari. Sisanya, sampai dia berusia dua tahun, kebutuhan gizi harus diperhatikan betul," kata Pakar Bayi dan Anak, dr Attila Dewanti SpA(K), Sabtu (14/5/2016) siang di Jakarta.

Masa 1.000 hari pertama kehidupan, jelas Attila, merupakan pondasi penting agar kemampuan dan kapabilitas seorang anak berkembang baik. Begitu janin berusia dua bulan di kandungan, pertumbuhan fisik dan otak mulai terbentuk.

"Apa pun yang ibu makan akan masuk ke tubuh si janin. Ibu hamil jangan pilih-pilih makan sesuka hati, tapi perhatikan juga kandungan gizinya," kata Attila mengingatkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.