Sukses

Pianis Cilik Asal Ende Siap Berlomba di Ajang Internasional di AS

Canho akan mewakili Indonesia dalam World Champhionship of Performing Arts (WCOPA) di California, Amerika Serikat pada Juli mendatang.

Liputan6.com, Jakarta Berasal ribuan kilometer jauhnya dari ibukota negara, pianis cilik asal Ende, Nusa Tenggara Timur bernama Canho (11) siap berlaga di ajang internasional Juli mendatang. Canho akan mewakili Indonesia dalam festival musik "World Champhionship of Performing Arts" (WCOPA) di California, Amerika Serikat dengan lawan anak-anak dari 54 negara lainnya. 

Bocah yang bernama lengkap Yohanes de Capsetrano Jambru Pasirua ini bakal mengikuti kompetisi pada bidang instrumen untuk anak 11 tahun. Ia akan tampil memainkan piano dalam lima kategori yakni tradisional, revolutionary, jazz, kontemporer, dan klasik. Kompetisi ini akan berlangsung pada 6-17 Juli 2016. 

Lawan bocah kelahiran Ende, 2 November 2004 ini bukan main-main. Seniman cilik hebat lainnya dari Hong Kong, Jepang, Amerika Serikat, serta puluhan negara di Eropa jadi lawannya. Demi tampil terbaik jelang keberangkatan Canho menambah latihannya bermain piano.

"Jalan satu-satunya ia berlatih setiap hari, jika dulu berlatih tiga jam setiap hari kini jadi 5-6 jam per hari. Jadi sesudah pulang sekolah, ia istirahat kemudian latihan. Nanti pada malamnya ia belajar pelajaran sekolah," tutur ayah Canho, Kristoforus Jambru saat dihubungi Health-Liputan6.com, Minggu (15/5/2016).

Selain itu, Canho pun sudah melakukan konser uji coba tampil memainkan lagu yang nanti akan dipertunjukannya di Amerika Serikat. Canho pun tak sabar untuk tampil dalam ajang perlombaan pertamanya yang langsung bertaraf internasional.

"Jelang keberangkatan, dia biasa-biasa saja, yang pasti dia sedikit gelisah menunggu hari. Ingin cepat-cepat ke sana," tutur Kris yang merupakan guru musik ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini