Sukses

4 Langkah Sehat dan Cantik dengan Bubuk Kopi

Tak hanya bisa menyuburkan tanaman, ampas kopi juga bisa membuat sehat dan cantik kulit serta rambut Anda.

Liputan6.com, Jakarta Anda tentu pernah mendengar manfaat ampas kopi sebagai pupuk tanaman bukan? Tapi tak hanya bisa menyuburkan tanaman, ampas kopi juga bisa membuat sehat dan cantik kulit serta rambut Anda.

Berikut empat cara membuat tubuh sehat dan cantik dengan bubuk kopi, dilansir dari laman Organic Authority, Minggu (15/5/2016):

1. Menghaluskan dan membuat rambut berkilau

Sebelum keramas menggunakan sampo favorit Anda, oleskan segenggam bubuk kopi pada rambut yang basah. Pada awalnya mungkin akan terasa aneh, mengoleskan kopi ke rambut. Tapi bubuk kopi baik untuk kesehatan rambut. Setelah selesai melumuri rambut dengan kopi, bilas bersih rambut.

Bubuk kopi akan membersihkan rambut dari sisa bahan kimia dari produk rambut yang biasa Anda gunakan. Hasilnya, Anda akan merasakan rambut lebih lembut dan bersinar.

Jangan gunakan cara ini pada rambut yang di-bleaching atau diwarnai pirang karena kopi bisa jadi mempergelap warna rambut Anda.

2. Mengatasi selulit

Gunakan scrub atau lulur berbahan kopi untuk mengatasi masalah selulit. Kombinasikan bahan-bahan berikut untuk membuat lulur alami:

1/2 cangkir bubuk kopi

1 sdm wine

1 sdm tincture

Beberapa tetes ekstrak jahe dan ekstrak rumput laut

Campurkan garam laut (sea salt)

Kafein dalam bubuk kopi membantu meningkatkan sirkulasi sehingga mengenyahkan kelebihan air dari kulit dan membuatnya tampak lebih kencang dan selulit pun hilang.

3. Mengeksfoliasi kulit

Gunakan bubuk kopi sebagai lulur untuk mengelupas kulit mati. Anda bisa mencampurnya dengan minyak zaitun untuk mendapatkan lulur yang lebih lembut. Lulur kopi akan membuat tubuh dan kulit lebih segar.

4. Facial

Tak perlu perawatan mahal di spa untuk mendapatkan kulit kinclong. Anda bisa menggunakan bubuk kopi untuk ramuan facial sendiri di rumah. Laman Organic Authority memberi resep ramuan facial yang dikutip dari blog Crunchy Betty.

2 sdm bubuk kopi

2 sdm bubuk cokelat

3 sdm susu cair, krim kental atau yoghurt

1 sdm madu

Campur semua bahan dan bubuhkan pada wajah lalu pijat lembut beberapa saat sebelum membiarkannya selama 15-20 menit. Bilas wajah hingga bersih.

Masker kopi dan cokelat ini berkhasiat mengecilkan pori dan mengurangi minyak wajah. Kandungan kopi pada masker mengurangi sembap, sedangkan bubuk cokelat, madu, dan susu bersifat melembapkan kulit. Masker ini bisa Anda coba di pagi hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini