Sukses

Cara Tepat Cegah Gizi Buruk

Pola asuh yang tepat dari orang tua dapat mencegah terjadinya gizi buruk pada bayi atau balita.

Liputan6.com, Jakarta Pola asuh yang tepat dari orang tua dapat mencegah terjadinya gizi buruk pada bayi atau balita. Kepala Bidang Kesehatan Keluarga, Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo, dr Andy Kurniawati Naue, mengatakan Pola asuh yang tepat dengan memberikan Air Susu Ibu (ASI) eksklusif selama enam bulan, bayi akan memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

"Setelah enam bulan, utamakan makanan alami yang memiliki gizi berimbang, jangan berpatokan ke susu formula saja,"ucap dr Andy. Menurutnya dengan memberikan bahan makanan lokal alami kepada bayi setelah berumur enam bulan dengan pendampingnya susu, tidak apa-apa karena akan seimbang.

"Kami menemukan kasus gizi buruk terutama di daerah Limboto biasanya orang tua dari pasien adalah orang yang mampu dan memiliki pendidikan namun paham mengenai kesehatan,"katanya. Karena biasanya orang yang mampu tidak mengasuh sendiri anaknya, atau dititipkan ke pembantu atau pengasuh yang tidak dibekali dengan pengetahuan cara mengasuh bayi yang benar.

"Biasanya mau praktisnya saja hanya memberikan susu saja atau bubur instan, sebenarnya jika diberikan bahan lokal akan lebih baik, seperti beras, ikan, sayur dan buah," tutup dr Andy tentang gizi buruk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini