Sukses

Nishi Uggalle, Bocah 10 Tahun 'Reinkarnasi' Einstein

Liputan6.com, Jakarta Sepintas, gadis belia ini mungkin seperti anak-anak sebayanya. Namun di usia 10 tahun, Nishi Uggalle telah menjadi perbincangan publik karena memiliki tes IQ 162, lebih tinggi dibandingkan Einstein.

Situs berita Dailymail, Kamis (12/5/2016) melaporkan, Nishi menjadi salah satu anak termuda di Inggris yang memiliki bakat luar biasa. 

Menurut kedua orangtuanya, Neelanga dan Shiromi, Nishi telah menunjukkan bakatnya dari kecil. "Kami tahu, ia berbakat. Dia mulai membaca dan menulis ketika masih berusia beberapa bulan dan dia sangat menyukai matematika."

Meski begitu, kata mereka, tidak ada perlakukan khusus bagi Nishi. Karena orangtuanya tidak ingin anaknya menjadi lebih suka dengan buku-bukunya ketimbang bersosialisasi. "Sebagai orang tua, tentu kami ingin bakat mereka tidak disia-siakan, namun harus ada keseimbangan dengan masa kecil mereka."

"Dia anak yang normal. Seperti anak seusianya, dia sangat suka membaca, bersepeda dan jalan-jalan. Kami sangat bangga padanya," kata Shiromi.

Meski kejeniusannya melebihi Einstein, namun Nishi merasa soal yang diajukan untuk tes IQ sangat sulit. Tapi dia menyukai bagian penalaran verbal yang meliputi diagram dan gambar untuk menilai logika visual.

"Itu tidak mudah, aku tidak berhasil menyelesaikan satu atau dua pertanyaan dalam satu detik. Saya telah mengatakan kepada teman saya tentang Mensa dan mereka semua sangat bangga padaku. Saya ingin menjadi seorang ilmuwan," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.