Sukses

Usia Berapa Sebaiknya Anak Mengenal Konsep Uang?

Seiring dengan bertambahnya usia akan bertambah pula tugas orangtua untuk mengajarkan anak berbagai hal, termasuk soal keuangan.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orangtua yang menunda untuk memperkenalkan anak kepada uang dengan alasan yang beragam. Namun ternyata, mengenalkan uang kepada anak sejak dini menjadi hal yang sah-sah saja. 

Tak ada usia ideal untuk anak kenal dengan uang, karena umumnya anak akan mengenal uang dengan sendirinya seiring dengan usia juga lingkungannya.

Menurut Ligwina Hananto, seorang perencana keuangan mengatakan orangtua perlu memperkenalkan atau mengajarkan konsep uang kepada anak.

"Saat anak menginjak 1 SD biasanya anak sudah kenal uang. Paling sederhana itu belajarnya pake uang saku," ujarnya dalam acara Nutrilon Royal "One Step Ahead", di Hotel Pullman Jakarta, Kamis (12/05/2016).

Ligwina pun menjelaskan bahwa biasanya anak anak mengenal uang secara fisik terlebih dahulu, kemudian seiring dengan bertambah usianya ia akan mengenal nominal uang secara perlahan. Dan orangtua pun harus tetap mendampingi sang anak hingga anak tahu betul bagaimana menggunakan dan menghargai uang.

Selaras dengan yang dicanangkan oleh Nutrilon Royal, memahami dan mendampingi sang anak menjadi salah satu bagian penting untuk menjadi seorang One Step Ahead Mum.

"Nutrilon Royal mendukung dan mengajak para ibu di Indonesia untuk menjadi seorang `one step ahead mum`, yang tidak hanya selalu memberi yang terbaik untuk masa depan anak-anaknya, tetapi juga selangkah lebih maju dalam merencanakan keberhasilan anak dengan mendukungnya dengan persiapan yang matang dan nutrisi yang tepat," ujar Danish Rahman, selaku Marketing Director PT Nutricia Indonesia Sejahtera.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.