Sukses

Kini Positive Parenting Jadi Pola Asuh yang Tepat

Orangtua modern kini mendidik anaknya semakin modern. Dan pola asuh bernama Positive Parenting menjadi cara yang tepat.

Liputan6.com, Jakarta Ketika anak selalu ingin tahu dan mencoba hal baru, orangtua tak perlu mengkhawatirkannya. Sebab, kondisi tersebut sangatlah normal yang terjadi pada anak di masa tumbuh kembangnya. 

Di zaman yang terus berkembang kini, pola asuh orangtua pun semakin maju. Dahulu orangtua selalu menanamkan apa saja yang diinginkan orangtua dan tidak pernah memberikan kesempatan untuk anak memilih keiinginannya sendiri. Di lain pihak, orangtua kini sudah menerapkan pola asuh modern yang dikenal dengan positive parenting.

"Positive parenting dapat dijadikan disiplin pola asuh yang benar saat ini. Di mana kita sebagai orangtua dan ibu melihat dari sisi anak dan menerapkannya dengan komunikasi yang baik kepada anak," ucap psikolog cantik bernama Ajeng Raviando dalam acara Nutrilon One Step Ahead, di Hotel Pullman Jakarta, Kamis (12/05/2016).

Ajeng memaparkan untuk mengantarkan sang anak ke pintu kesuksesannya, anak pun memiliki kesempatan untuk berbicara apa yang mereka inginkan dan memberikan ruang kepada anak untuk didengarkan.

"Orangtua harus bisa mendengar suara anak, tetapi tetap menerapkan disiplin yang konsisten terhadap anak. Jadi polanya ini sama-sama menyenangkan. Intinya adalah komunikasi yang efektif antara orang tua dan anak," ungkapnya.

Selain mendengarkan sang anak, tugas orangtua pun harus tetap bisa menjadi role model untuk anak. Menurut Ajeng, dengan menjadi role model, orangtua yang harus menjadi teladan untuk menanamkan nilai-nilai yang baik bagi sang anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini