Sukses

7 Cara Bangun dengan Rambut Indah

Untuk menghindari rambut yang buruk di pagi atau sepanjang hari, Anda harus menyiapkannya dari malam.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak lelah dan sempat harus menghabiskan waktu hampir satu jam setiap pagi untuk menata rambut? Jika Anda termasuk orang-orang yang terpaksa harus melakukan hal ini setiap pagi, sebenarnya ada beberapa cara untuk menghidarinya.

Ternyata, untuk menghindari rambut yang buruk di pagi atau sepanjang hari, Anda harus menyiapkannya dari malam.

Melansir Prevention, Rabu (11/5/2016) inilah 7 cara agar Anda bisa bangun dengan rambut indah:

1. Beli sarung bantal baru

"Hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk rambut saat tidur adalah dengan menggunakan sarung bantal sutra," ujar Edward Tricomi, penata rambut ahli dan salah satu pendiri dari Warren Tricomi Salons.

Sarung bantal katun akan menarik rambut Anda sepanjang malam saat Anda berguling dan berputar. Hal ini akan membuat rambut Anda kusut. Dengan menggunakan sarung bantal sutra, tak hanya bahannya yang lembut untuk rambut, sutra juga mempertahankan kelembapan rambut yang akan membuatnya bersinar dan lembut di pagi hari.

2. Oleskan masker rambut sebelum tidur

Jika Anda tak punya waktu untuk duduk menunggu masker rambut Anda kering, balurkan cairan ini sebelum tidur. Menggunakan masker rambut sekali seminggu akan membuat rambut kering dan rusak kembali indah.

"Campurkan satu sendok makan mayonnaise, alpukat, minyak zaitun, dan madu untuk membuat masker rambut yang akan menyuburkan dan melembapkan rambut," saran Tricomi.

Setelah mengoleskannya ke rambut yang basah, pastikan Anda tidur dengan shower cap atau handuk untuk mencegah masker mengotori bantal.

3. Kepang rambut

Mengepang rambut tak hanya akan mencegah helaiannya mengenai muka saat tidur (minyak dari rambut bisa menimbulkan jerawat di garis rambut), hal ini juga akan memberi rambut gelombang yang indah di pagi hari.

Tata rambut Anda dalam dua kepangan longgar sebelum tidur. Akan lebih baik jika Anda mengepang rambut yang masih setengah basah untuk membantu menjaga keikalannya tahan lebih lama.

4. Jangan tidur dengan rambut basah

Kecuali Anda mengepang atau memakai masker rambut tentunya. Perlu diingat bahwa rambut basah lebih rapuh dibanding rambut kering.

"Tidur dengan rambut basah bisa membuatnya kusut dan rontok, terutama jika rambut Anda memang sudah rapuh," ujar Julie Dbjay, seorang penata rambut dari New York.

5. Semprotkan dry shampoo

Dry shampoo bisa digunakan sebagai pencegahan. Jika Anda biasa menggunakannya untuk rambut berminyak, menyemprotkannya sebelum tidur bisa memastikan minyak terserap lebih baik oleh dry shampoo ini.

Terlebih lagi, jika rambut Anda cenderung memunculkan butiran-butiran setelah disemprot dry shampoo, memakainya sebelum tidur akan memastikan butiran tadi terserap dengan lebih baik. Pastikan Anda menyisirnya dulu sebelum tidur.

6. Hindari menggunakan karet

Kecuali untuk mengikat kepangan, usahakan untuk menjauhkan karet dari rambut Anda saat tidur. "Tidur dengan rambut diikat akan membuat tekanan dan menarik rambut. Hal ini bisa menyebabkan kerontokan," jelas Dbjay.

Selain itu, karet rambut akan menciptakan cekungan pada rambut yang akan susah dihilangkan.

Jika Anda tidak suka tidur dengan rambut tergerai, Tricomi menyarankan suatu trik. Gunakanlah stoking bekas, dan potong ujung kakinya untuk membuat ikat kepala atau ikat rambut yang tidak akan meninggalkan bekas.

7. Beri pijatan pada kulit kepala

Tak hanya pijatan di kepala membuat Anda lebih santai setelah lelah seharian, hal ini juga membuat rambut lebih subur.

Dengan memijat kulit kepala secara lembut dengan ujung jari sebelum tidur, Anda akan mendistribusikan minyak alami, membuat rambut jadi lebih bersinar di pagi hari.

Tapi penting untuk diingat, hal ini hanya berlaku bagi Anda yang memiliki rambut tebal dan kering. Jika rambut Anda berminyak, hal ini hanya akan membuatnya terlihat lebih lepek.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini