Sukses

Jangan Lakukan Ini Setelah Berolahraga agar Tak Infeksi Jamur

Umumnya seseorang tergoda untuk langsung beristirahat dengan cara duduk ketimbang segera mandi dan membersihkan badan setelah berolahraga.

Liputan6.com, Jakarta Umumnya seseorang akan tergoda untuk langsung beristirahat dengan cara duduk ketimbang segera mandi dan membersihkan badan setelah berolahraga. Beberapa individu malah langsung menuju ke rumah atau melakukan aktivitas lainnya masih dengan pakaian lembap yang digunakan untuk berolahraga.

Kebiasaan tersebut sebetulnya kurang baik. Ahli vulvogaginal, Jen Gunter, M.D, yang juga dokter kandungan mengatakan kebiasaan tersebut akan memengaruhi bagian dalam vagina karena menyebabkan masalah pada vulva (bagian luar vagina).

"Beberapa wanita bisa merasakan iritasi pada bagian vulva akibat baju olahraga yang basah karena keringat. Jadi berganti pakaian kemungkinan adalah pilihan yang ideal," ujarnya.

 

Sementara itu ahli kandungan Pari Ghodsi, M.D, juga menyetujui pendapat tersebut. "Sebaiknya Anda berganti pakaian segera setelah berolahraga dengan pakaian ketat," ucapnya, dikutip dari laman Glamour, Rabu (11/5/2016).

Anda mungkin pernah mendengar risiko terkena infeksi jamur akibat berlama-lama mengenakan pakaian yang lembap setelah berolahraga. Tapi menurut Gunter bukan di situ letak masalahnya.

"Masalah umum terkait infeksi jamur menurut kami adalah di dalam vagina dan ini berkenaan dengan jamur normal yang berkembang biak secara berlebih karena bakteri vagina tak mampu mengontrolnya," jelasnya.

Dampak dari lalai menjaga kebersihan seusai berolahraga adalah gatal pada bagian paha atau selangkangan. Kondisi tersebut dinamai intertrigo dan biasanya diikuti dengan munculnya ruam. Intertrigo bisa dicegah dengan menjaga area genital tetap kering setelah berolahraga dengan cara mengelapnya dengan handuk bersih dan kering.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini