Sukses

Waspadai Keputihan Tak Wajar, Bisa Jadi Tanda Diabetes

Salah satu tanda diabetes yang mungkin jarang disadari pada wanita adalah keputihan.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu tanda diabetes yang mungkin jarang disadari pada wanita adalah keputihan. Meski bukan gejala khas seperti sering buang air kecil pada malam hari, sering haus, lapar atau turun berat badan drastis, keputihan tak wajar perlu diwaspadai.

Seperti disampaikan dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Endokrinologi, Metabolik dan Diabetes RS Pondok Inda,h dr Wismandari Wisnu, Sp.PD-KEMD, keputihan yang dimaksud bukan keputihan normal yang dialami wanita saat sebelum atau sesudah menstruasi, melainkan keputihan yang ditimbulkan oleh infeksi. 

"Keputihan yang disertai gatal, bau itu bukan keputihan normal. Itu tandanya ada infeksi karena gangguan sel darah putih. Dan berhubung di vagina lembap dan urine yang manis, maka dengan mudahnya bakteri mengumpul di situ," katanya saat temu media di Plaza Senayan, Jakarta, Selasa (10/5/2016).

Wisman menuturkan, selain keputihan tanda lain dari diabetes adalah mudah mengantuk, cepat lelah, luka sukar sembuh, penglihatan buram, kaki atau tangan terasa baal, dan pada pria cenderung terjadi impotensi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.