Sukses

Cara Tepat dan Aman Bersihkan Talenan

Talenan digunakan tak hanya untuk memotong makanan yang akan dimakan, talenan juga digunakan untuk memotong berbagai macam hal.

Liputan6.com, Jakarta Sangat penting bagi Anda untuk memastikan kebersihan talenan. Tak hanya karena Anda menggunakannya untuk memotong makanan yang akan dimakan, talenan juga digunakan untuk memotong berbagai macam hal. Mulai dari sayuran, buah-buahan, sampai daging mentah. Jadi bisa Anda bayangkan ada berapa banyak bakteri yang bersembunyi di baliknya.

Selain itu, jika tidak dibersihkan dengan benar, talenan Anda akan jadi bau.

Melansir Pure Wow, selasa (10/5/2016) inilah 6 tata cara membersihkan talenan dengan benar:

1. Baluri talenan kayu

Kayu biasanya sangat berpori, karenanya talenan Anda membutuhkan lapisan protektif yang bisa mencegahnya menyerap semua cairan dari makanan - yang bisa berujung pada noda, perubahan rasa, atau kotoran.

Untuk bisa melapisi talenan Anda secara benar, rendamlah talenan dalam minyak sayur, lalu lap menggunakan lap piring.

Biarkan selama beberapa jam, lalu lap semua kotoran dan cairan yang tersisa. Kayu talenan seharusnya menyerap sebagian besar minyak dan meninggalkan kilap samar pada permukaannya.

Ulangi hal ini setiap bulan.

2. Jangan gunakan sikat besi atau spon

steel sponge list

Sikat besi dan spons baik untuk membersihkan panci dan kuali, tapi buruk bagi talenan. Besinya terlalu kasar, dan plastik spons yang tajam juga memiliki efek yang sama, yaitu merusak lapisan minyak yang baru saja Anda berikan.

Gunakan spon halus atau lap piring untuk menggosok talenan saat mencucinya.

3. Jaga pisau selalu tajam

Hal ini untuk mencegah Anda menekan terlalu keras saat memotong. Tekanan pisau yang terlalu keras akan meninggalkan goresan pada talenan, yang kemudian bisa jadi rumah tempat bakteri berkumpul.

4. Jangan cuci dengan air dingin

cold water wash list

Segera setelah digunakan, basuhlah talenan Anda dengan air panas bersabun. Cuci bersih sampai tak ada lagi busa sabun yang tertinggal.

Jika Anda baru saja memotong daging, bersihkan talenan dengan campuran pemutih (1 sdt pemutih dengan 1 baskom air). Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas sampai bersih dengan air panas.

5. Keringkan sampai tuntas

Setelah dicuci, keringkan talenan. Lalu, berdirikan talenan sampai semua cairannya hilang. Jangan biarkan talenan tergeletak begitu saja, karena bagian bawahnya akan menahan bakteri dan membuatnya kotor kembali.

6. Jangan lupa untuk melakukan pembersihan menyeluruh

lemons clean list

Penting bagi Anda untuk membersihkan talenan secara total beberapa waktu sekali.

Cara melakukannya adalah dengan menaburkan garam dan kemudian menggosoknya menggunakan potongan lemon.

Air lemon akan berfungsi sebagai disinfektan dan menetralkan semua bau. Sedangkan garam akan mengangkat semua noda dan kotoran.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.