Sukses

Ini Trik Dapatkan Postur Tubuh Sempurna

Postur tubuh yang tegap akan membuat tubuh berada di posisi yang tepat. Dan berikut trik untuk mendapatkannya

Liputan6.com, Jakarta Banyak cara untuk mencapai postur tubuh yang sempurna, mulai dari lekukan tubuh yang pas dengan berat badan hingga untuk mendapatkan badan yang tegap. Tetapi untuk mendapatkannya Anda perlu melakukan banyak melatih gerakan olahraga. Adakah cara lain?

Melansir laman Bright Side, Selasa (10/5/2016) ada sejumlah trik mudah yang bisa dilakukan sehari-hari bahkan di sela aktivitas Anda untuk mendapatkan postur tubuh yang sempurna.

1. Latihan fisik selama 20 menit

Langkah utama untuk mendapatkan postur tubuh yang sempurna yaitu dengan melakukan latihan fisik rutin selama 10 hingga 20 menit setiap hari. Konsentrasikan gerakan yang seimbang di seluruh bagian tubuh. 

Jika Anda seorang pekerja jangan lupa untuk melakukan pemanasan lebih dahulu pada punggung, leher dan bahu.

2. Atur tempat kerja Anda

Untuk pekerja yang duduk berjam-jam di depan komputer harus mengatur posisi duduk yang tepat untuk menjaga postur tubuh tetap baik. Aturlah tingkat ketinggian meja dan kursi yang tepat dengan kenyamanan tubuh Anda.

3. Perhatikan saat memegang ponsel

Tanpa disadari sebagian besar orang akan menunduk atau membungkukkan kepalanya saat memegang ponsel. Cobalah untuk memperhatikan posisi Anda saat memegang ponsel, jangan terlalu bertumpu pada leher yang dapat menghambat postur tubuh tidak berimbang.

4. Pelajari cara bernapas

Proses bernapas menjadi bagian penting untuk gerakan dan indera manusia. Saat manusia bernapas, tubuh akan menggunakan diafragma dengan baik yang memicu postur tubuh akan terbentuk secara alami.

5. Perhatikan postur tubuh setiap saat

Anda perlu mengingat untuk menjaga posisi tubuh yang tepat dengan menjaga punggung lurus saat mengemudi hingga tidur. Terutama saat tidur, perhatikan untuk menggunakan beberapa bantal demi menjaga postur tubuh, juga penting menggunakan kasur yang empuk.

6. Pelajari cara berdiri yang benar

Cobalah untuk membiasakan tubuh berdiri dengan tegap dan tidak membungkuk. Ambilah posisi punggung yang lurus, lebar kaki tepat pada ukuran bahu, dan bahu sedikit berada di posisi belakang.

Posisi ini adalah posisi yang optimal untuk menjaga tulang belakang dan menahan seluruh tubuh dengan tepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.