Sukses

Siapa yang Harus Traktir Saat Kencan, Pria atau Wanita?

Saat kencan, urusan traktir memang hal yang sensitif. Selain berhubungan dengan uang, hal ini bisa jadi persoalan serius dalam hubungan.

Liputan6.com, Jakarta Saat kencan, urusan traktir memang hal yang sensitif. Selain berhubungan dengan uang, hal ini bisa jadi persoalan serius dalam hubungan.

Banyak wanita berpikir, seorang pria-demi membuktikan keseriusannya, dia harus mentraktir setiap kali kencan. Padahal seorang pria kadang juga memiliki kesulitan dalam pengeluarannya.

Ada juga tipe wanita feminis yang merasa sanggup membayar makan sendiri bahkan tak segan mentraktir pasangannya. Sedangkan di sisi lain, pria menganggap traktir adalah harga dirinya.

Jadi, sebenarnya seperti apa etika traktir saat kencan? Daripada bingung, mungkin Anda harus tahu beberapa hal ini, seperti dikutip Askmen, Senin (9/5/2016):

Pria harus traktir jika..

1. Kencan pertama

Kesan pertama itu penting. Ini bukan masalah apakah wanita menerima cinta Anda atau tidak. Karena saat kencan pertama, membayar saat makan berdua pertama kali akan memberikan kesan bertanggung jawab, stabil dan mapan. Wanita mana yang akan menolak kencan dengan pria seperti ini?

2. Pria mengajak keluar lebih dulu

Ingat ya, aturan umumnya, ketika Anda mengajak seorang wanita keluar, maka Anda harus mentraktir dirinya. Terlepas dari akhir bulan dan Anda tidak memiliki banyak uang, semestinya pria bisa berpikir untuk mengajak seorang wanita.

3. Pada acara-acara khusus

Ketika ada acara khusus, seperti ulang tahun Anda atau ulang tahunnya, saat liburan atau bahkan hanya untuk merayakan prestasinya, pria lah yang harus mentraktir wanita. Alasannya? Yang jelas, hal ini akan menunjukkan betapa bangga Anda padanya.

Wanita harus traktir jika..

1. Ketika dia mengajak Anda keluar

Sekali lagi, siapa yang mengajak keluar, mestinya dia yang bayar. Namun, dalam situasi ini,  lebih baik mungkin Anda mencoba menawarkan diri untuk membayar atau bayar berdua. Bukan tanpa alasan, beberapa pria masih memiliki masalah dengan membiarkan wanita membayar.

2. Pada hari ulang tahun Anda

Saat Anda ulang tahun, biarkan dia membayarnya sebab Anda patut menerima hadiah dan diperlakukan istimewa juga. Dia juga mestinya senang karena bisa memberikan sesuatu yang membuat Anda bahagia. 

3. Kebutuhan bersama

Jika Anda telah menikah dan hidup bersama atau pergi berlibur bersama-sama, membagi semua tagihan tidak ada salahnya. Misalnya, ketika Anda bepergian jarak jauh menggunakan mobil, dia bisa membayar uang bensinnya. 

Suka atau tidak, bagaimanapun pria tetap berperan utama dalam membayar, tapi jangan biarkan diri Anda merasa susah sendiri. Bahkan jika dia jarang  membayar, yang penting Anda bisa menawarkan sesuatu hal yang dia bisa tolerir. Sebab ada kalanya wanita harus tahu kebutuhan pria dan berapa banyak pengeluarannya.

Jika ini menjadi masalah, saatnya untuk diskusi tenang dan jujur ​​dalam masalah keuangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.