Sukses

3 Penyebab Utama Bau Mulut

Apa sesungguhnya penyebab bau mulut?

Liputan6.com, Jakarta Bau mulut merupakan salah satu hal yang paling dihindari karena bisa menyebabkan situasi yang tak enak. Tapi apa sesungguhnya penyebab bau mulut?

Ada banyak hal penyebab bau mulut selain jenis makanan yang kita konsumsi. Berikut beberapa penyebab bau mulut, dilansir dari laman Goodhousekeeping, Senin (9/5/2016):

Makanan  

Bau mulut sementara yang disebabkan oleh konsumsi makanan tertentu seringkali bisa diatasi dengan permen karet, menggosok gigi, atau berkumur dengan cairan penyegar.

"Makanan yang berbau tajam seperti bawang merah dan bawang putih, atau minuman seperti kopi, semuanya menyebabkan bau mulut sementara," ujar Karen Coates, Dental Advisor di Oral Health Foundation. "Tentu saja merokok juga menjadi penyebab utama bau mulut tak sedap," katanya menambahkan.

Kebersihan mulut yang buruk

Penyebab utama bau mulut jelas bakteri dalam rongga mulut yang disebabkan oleh kurangnya menggosok gigi.

"Makanan, sisa makanan, dan plak bisa menempel di dalam dan sekitar gigi dan akhirnya membusuk serta menyebabkan munculnya gas bau mulut," kata Dr Miguel Stanley.

"Itu sebabnya flossing (membersihkan gigi dengan benang floss) sangat penting," lanjutnya.

Dehidrasi

Dehidrasi juga merupakan salah satu penyebab munculnya bau mulut. "Bila Anda dehidrasi artinya Anda tidak memproduksi air liur sebanyak biasanya," ucap Coates.

"Air liur merupakan cara alami mulut menghalau bakteri karena air liur memiliki antibakteri. Tanpa air liur yang cukup, bakteri penyebab bau mulut bisa berkembang pesat," lanjut Coates.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.